PENGARUH METODE SQ3R TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 STTU JULU PAKPAK BHARAT T.A.2017/2018

Berutu, Nova Lestari (2017) PENGARUH METODE SQ3R TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 STTU JULU PAKPAK BHARAT T.A.2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3133321026 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3133321026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3133321026 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3133321026 PREFACE.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3133321026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3133321026 TABLE LIST.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3133321026 LIST IMAGE.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3133321026 APPENDICE.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 3133321026 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3133321026 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 3133321026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode SQ3R terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 STTU Julu Pakpak Bharat. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 STTU Julu Pakpak Bharat yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil 2 kelas dari populasi secara acak yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 22 siswa dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 22 orang. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian adalah quasi eksperimen. Desain penilitian adalah two group pre-test, post-test design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Pengujian instrument tes hasil belajar adalah dengan uji-t dua pihak dan uji-t satu pihak. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menggunakan metode SQ3R diperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 76,13 dan kelas kontrol menggunakan metode ceramah diperoleh nilai rata-rata post-test 47,04. Hasil uji normalitas dan homogenitas diperoleh populasi berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis uji-t pada nilai post-test diperoleh t > ttabel = 2,289 > 1,679, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, atau dengan kata lain hasil belajar siswa yang diajar dengan metode SQ3R lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada pelajaran sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 STTU Julu Pakpak Bharat T.A. 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorTanjung, Samsidar195906261986012001
Call Number: SK-2018 SJRH 003
Keywords: METODE SQ3R, HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 26 Jan 2018 16:53
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29147

Actions (login required)

View Item View Item