PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS VII SMPN 20 MEDAN

, TUSINAH (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS VII SMPN 20 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4132111027 COVER.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4132111027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4132111027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4132111027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4132111027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4132111027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4132111027 TABLES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4132111027 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4132111027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4132111027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4132111027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kontekstual dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah pada materi himpunan di SMP Negeri 20 Medan T.A 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 20 Medan dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-1 yang berjumlah 36 siswa diajarkan menggunakan model pembelajaran kontekstual yang disebut sebagai kelas eksperimen A dan kelas VII-2 yang berjumlah 35 siswa diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah yang disebut sebagai kelas eksperimen B. Instrumen penelitian ini menggunakan tes uraian yang telah divalidasi oleh 3 orang ahli. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil posttest siswa kelas eksperimen A adalah 84,10 dengan standar deviasi adalah 9,59. Nilai rata-rata hasil posttest siswa pada kelas eksperimen B adalah 80,32 dengan standar deviasi adalah 8,95. Dari hasil analisis data berupa uji normalitas data posttest hasil belajar kelas eksperimen A diperoleh ( ) ( ) dan data posttest hasil belajar kelas eksperimen B diperoleh ( ) ( ). Dengan demikian dapat disimpulkan kedua kelas berdisitribusi normal. Dari hasil analisis data berupa uji homogenitas data posttest diperoleh nilai . Pada taraf signifikan diperoleh . Karena maka data posttest kedua sampel homogen.Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dua pihak. Dari hasil perhitungan diperoleh . Pada taraf signifikan diperoleh harga . Karena yaitu maka ini berarti bahwa diterima sehingga terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kontekstual dan pembelajaran berbasis masalah pada materi himpunan di kelas VII SMP Negeri 20 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Bornok199509101991021001
Call Number: SK-2018 MAT 015
Keywords: Kontekstual dan Pembelajaran Berbasis Masalah; Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:14
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28718

Actions (login required)

View Item View Item