PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VIII BENJAMIN DI SMP NEGERI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Miranda, Yuki (2017) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VIII BENJAMIN DI SMP NEGERI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 1133351017 COVER.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 1133351017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 1133351017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 1133351017 ACNOWLEDGMENT.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 1133351017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 1133351017 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 1133351017 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 1133351017 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 1133351017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 1133351017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 1133351017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik problem solving untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa kelas VIII Benjamin di SMP Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2017 s/d September 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan Pre-test Post-test one group design. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah siswa kelas VIII-Benjamin. Sampel ditarik dengan menggunakan Purposive Sampling sebanyak 8 orang siswa yang berasal dari kelas VIII-Benjamin dengan sampel yang heterogen. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket kejenuhan belajar berjumlah 34 item pernyataan yang telah valid dan reliabel kemudian data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis data diperoleh J hitung 41 dengan α = 0,05, adapun J tabel= 4. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung>Jtabe dimana 41>4. Artinya hipotesis diterima.sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi “ pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik problem solving untuk menurunkan kejenuhan belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2017/2018” dapat diterima. Layanan bimbingan kelompok teknik Problem solving memberikan kontribusi sebesar 33% terhadap penurunan kejenuhan belajar siswa kelas VIII-Benjamin SMP Negeri 1 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRahmulyani, 196105111986012001
Call Number: SK-2017 BK 048
Keywords: BIMBINGAN KELOMPOK, TEKNIK PROBLEM SOLVING,KEJENUHAN BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Dec 2017 15:44
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27646

Actions (login required)

View Item View Item