PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KONSEPTUAL PADA MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS X DI SMA SWASTA MULIA PRATAMA

Kurniati, Fajar (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KONSEPTUAL PADA MATERI LISTRIK DINAMIS KELAS X DI SMA SWASTA MULIA PRATAMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4131121012 COVER_docx.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4131121012 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4131121012 CURRICULUM VITAE_docx.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4131121012 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4131121012 PREFACE_docx.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4131121012 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4131121012 ILLUSTRATION_docx.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4131121012 TABLES_docx.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4131121012 APPENDICS_docx.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 4131121012 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4131121012 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 4131121012 BIBIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan menggunakan media visual terhadap hasil belajar pengetahuan konseptual pada materi listrik dinamis kelas X di SMA Swasta Mulia Pratama. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan desain penelitian group pretest postest design. Penelitian dilaksanakan di SMA Swasta Mulia Pratama Medan dengan teknik pengambilan sampel secara total sampling, didapatkan siswa kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 31 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes esai pengetahuan konseptual dengan jumlah soal 10 item. Analisis data menggunakan uji z pada taraf signifikansi 5% dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas serta uji nilai gain rata-rata nilai kelas untuk melihat peningkatan hasil belajar pengetahuan konseptual. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 9,57 dan kelas kontrol adalah 9,02 sedangkan rata-rata postes kelas eksperimen adalah 50,97 dan kelas kontrol adalah 38,87. Nilai gain rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 0,42 dalam kategori cukup sedangkan nilai gain rata-rata nilai kelas kontrol adalah 0,32 dalam kategori rendah. Hasil uji hipotesis dengan uji z dengan zhitung > ztabel (3,75 > 1,65) menunjukkan hasil belajar pengetahuan konseptual fisika dengan model kooperatif tipe NHT dengan menggunakan media visual lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan menggunakan media visual terhadap hasil belajar pengetahuan konseptual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSahyar, 196004261985031003
Call Number: SK-2017 FIS 202
Keywords: Numbered Heads Together, Pengetahuan Konseptual, Media Visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics
Q Science > QC Physics > QC750 Magnetism
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Nov 2017 14:15
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27303

Actions (login required)

View Item View Item