EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIA PADA MATERI FUNGI DI MAN LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Marlina, Lenni (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIA PADA MATERI FUNGI DI MAN LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133341014 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4133341014 COVER.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 2. NM 4133341014 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NM 4133341014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133341014 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133341014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133341014 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133341014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133341014 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133341014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4133341014 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4133341014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133341014 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133341014 TABLES.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4133341014 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4133341014 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133341014 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133341014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4133341014 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4133341014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133341014 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133341014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif two stay two stray pada materi pokok fungi dikelas X MIA MAN Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dan dilakukan di kelas X MIA MAN Lubuk Pakam, rancangan/desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group design. Sampel berjumlah 72 orang siswa yang pengambilannya berdasarkan random sampling. Instrumen yang yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes objektif berbentuk pilihan berganda yang terdiri dari 20 soal dan lembar observasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif two stay two stray pada materi fungi meningkatkan penguasaan siswa yaitu ≥75% materi pelajaran, tingkat ketuntasan belajar klasikal sebesar 91,67% dengan kategori sangat tinggi, dan ketercapaian seluruh indikator telah terpenuhi 100%. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari pertemuan pertama, pertemuan kedua, hingga pertemuan ketiga. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif two stay two stray dikategorikan efektif dalam pembelajaran fungi di kelas X MIA MAN Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BIO 184
Keywords: Kooperatif; Two Stay Two Stray; Hasil Belajar Biologi; Efektivitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Nov 2017 09:14
Last Modified: 14 Nov 2017 06:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27098

Actions (login required)

View Item
View Item