PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 NAINGGOLAN

Parhusip, Bindranato (2009) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 NAINGGOLAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
UNIMED-Master-718-061188230027 - Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UNIMED-Master-718-061188230027 - Abstrak.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UNIMED-Master-718-061188230027 - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UNIMED-Master-718-061188230027 - Bab I.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UNIMED-Master-718-061188230027 - Bab V.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UNIMED-Master-718-061188230027 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview

Abstract

Tujuan penenlitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah basil belajar matematika yang diajar dengan strategi pembelajaran Quantum Teaching lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, dan (3) untuk mengetahui apakah ada interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi siswa dalam mempengaruhi hasil belajar matematika.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Nainggolan terdiri atas 4 kelas dengan jumlah siswa 118 orang. Sampel penelitian ini ditetapkan kelas VIII-1 dilaksanakan strategi pembelajaran Quntum Teaching dan kelas VIII-2 dilaksanakan strategi pembelajaran ekspositori. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. lnstrumen penelitian untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban dengan jumlah soal sebanyak 32 butir. Untuk menjaring data motivasi berprestasi siswa dilakukan melalui tes yang telah diuji kevalidtannya oleh ahli psikologi. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian penelitian faktorian 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan a = 0,05.Temuan penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Quantum Teaching ( X = 23,26) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori ( X = 22,05), dengan Fhitung = 14,64 > Ftabet = 1,02, (2) hasil belajar matematika siswa dengan motivasi berprestasi tinggi ( X = 25,08) lebih tinggi dari hasil belajar siswa denganmotivasi berprestasi rendah( = 20,12) dengan Fhitung = 1,18 > Ftabei = 1,02, (3)terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap basil belajar matematika, dengan Flutung = 5,05 > Fthbei = 1,02. Perhitungan uji lanjut dengan Uji Schefee menunjukkan perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Quantum Teaching dan strategi pembelajaran ekspositori, begitu juga dengan hasil belajar matematika antara motivasi berprestasi tinggi dengan motivasi berprestasi rendah. lnteraksi yang terjadi adalah basil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar motivasi berprestasi rendah jika diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Quantum Teaching, sebaliknya hasil belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah lebih tinggi jika diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorManullang, Belferik194710151974121001
Thesis advisorMukhtar, 195908071983031014
Call Number: 371.3 Par p
Keywords: Quantum Teaching; Motivasi; Hasil Belajar Matematika;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2694

Actions (login required)

View Item View Item