PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN MATEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI

Tobing, Hensen Frederich Lumban (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN MATEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133131024 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4133131024 COVER.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133131024 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133131024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133131024 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133131024 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133131024 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133131024 PREFACE.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133131024 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133131024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4133131024 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4133131024 TABLES.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133131024 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133131024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4133131024 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4133131024 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133131024 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133131024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4133131024 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4133131024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133131024 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133131024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: adanya interaksi antara model
pembelajaran dan kemampuan matematik terhadap hasil belajar kimia siswa pada
materi konsep mol; adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kimia
siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri dan model
pembelajaran direct instruction pada materi konsep mol; adanya perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar kimia siswa yang memiliki kemampuan matematik
tinggi dan kemampuan matematik rendah pada materi konsep mol. Penelitian ini
dilaksanakan di SMA N-9 Medan dan merupakan penelitian eksperimen. Sampel
penelitian ini berjumlah 78 siswa, yang terdiri dari kelas eksperimen I dan kelas
eksperimen II. Uji statistik yang digunakan adalah : (1) Uji ANAVA dua jalur/ GLM
Univariate; (2) Uji t dua pihak/ Independent sample t test; (3) Uji t dua pihak/
Independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen I
(86,79 ± 7,48) dan kelas eksperimen II (79,87 ± 7,02). Selain itu, peneliti juga
menemukan bahwa: (1) ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan
matematik terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi konsep mol, dimana Fhit
6,137 > Ftabel 4,00, sehingga Ha diterima; (2) ada perbedaan yang signifikan antara
hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri dan
model pembelajaran direct instruction pada materi konsep mol, dimana thitung 4,215
> ttabel 2,00, sehingga Ha diterima; (3) ada perbedaan yang signifikan antara hasil
belajar kimia siswa yang memiliki kemampuan matematik tinggi dan kemampuan
matematik rendah pada materi konsep mol , dimana thitung 4,225 > ttabel 2,00,
sehingga Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 KIM 205
Keywords: hasil belajar kimia; kemampuan matematik; model pembelajaran direct instruction dan model pembelajaran inkuiri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 30 Oct 2017 09:23
Last Modified: 30 Oct 2017 08:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26874

Actions (login required)

View Item
View Item