PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DITINJAU DARI PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID

Parinduri, Novida Sari (2017) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DITINJAU DARI PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4132131018 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4132131018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4132131018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4132131018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4132131018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4132131018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4132131018 TABLES.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4132131018 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4132131018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4132131018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4132131018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa dan aspek kognitif manakah yang lebih dominan dari model Problem Based Learning dan kooperatif tipe Think Pair Share menggunakan media Macromedia Flash pada materi koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA/SMK. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil secara purpossif sampling sebanyak dua kelas. Masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa. Instrumen tes yang valid sebanyak 24 soal dengan reliabilitas 0,79. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest, posttest dan gain pada kelas eksperimen I dan eksperimen II berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan untuk uji hipotesis harga thitung > -t α dan thitung < t α (1,51 > -2,0147 dan 1,51 < 2,0417) dan berada pada daerah kritis, maka Ho ditolak Ha diterima yaitu terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning dan kooperatif tipe Think Pair Share menggunakan media Macromedia Flash pada materi koloid. Aspek kognitif yang lebih dominan pada model Problem Based Learning materi koloid yaitu C3 sebesar 91,94% serta aspek kognitif pada model kooperatif tipe Think Pair Share yaitu C2 sebesar 82,72%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNasution, Hafni Indriati195809241984031002
Call Number: SK-2017 KIM 085
Keywords: macromedia flash; problem based learning; think pair share; koloid
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Sep 2017 17:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26552

Actions (login required)

View Item View Item