PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS X MIA SMA ANNIZAM

Bastian, Dian (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS X MIA SMA ANNIZAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 4103111020 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 4103111020 LEMBAR PENGESAHAN_docx.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 4103111020 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 4103111020 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 4103111020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 4103111020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 4103111020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 4103111020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 4103111020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 4103111020 BAB I.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 4103111020 BAB V.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. 4103111020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered heads together (NHT) dapat meningkatkan (1) aktivitas belajar dan (2) kemampuan komunikasi matematika siswa serta (3) bagaimana proses penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal tes kemampuan komunikasi matematika pada pokok bahasan fungsi kuadrat. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA SMA Annizam tahun ajaran 2016/2017. Objek penelitian ini adalah aktivitas belajar dan kemampuan komunikasi matematika siswa dan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered heads together (NHT). Adapun hasil penelitian ini; (1) pada siklus I hanya 2 aspek yang tercapai dengan total persentase waktu ideal (PWI) pada aktivitas aktif adalah 60,99%, sementara pada siklus II semua (lima) aspek aktivtas aktif tercapai dengan total PWI aktivitas aktif adalah 75,78%, (2) kemampuan komunikasi matematika siswa pada siklus I termasuk kedalam kategori sedang dengan ketuntasan klasikal 52,38%, pada siklus II termasuk kedalam kategori tinggi dengan ketuntasan klasikal 100% dari total siswa, dan (3) proses penyelasaian jawaban pada siklus I kurang baik dimana hanya 42,86% siswa yang mampu mencapai nilai proses penyelesaian jawaban baik, sementara pada siklu II proses penyelesaian jawaban siswa termasuk kedalam kategori baik 95,24% siswa mencapai nilai proses penyelesaian jawaban baik. peningkatan pada hasil tersebut karena adanya perbedaan perlakuan yang merupakan usaha untuk melakukan perbaikan pada setiap pertemuannya. Adapun kesimpulan pada penelitian ini; (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered heads together (NHT) dapat menigkatkan aktivitas belajar siswa kelas X MIA SMA Annizam yaitu dari total persentase waktu ideal (PWI) aktifvitas aktif 60,99% menjadi 75,78%, (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered heads together dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matemaika siswa pada pokok bahasan fungsi kuadrat di kelas X MIA Annizam yaitu dari nilai rata-rata kelas 68,33 menjadi nilai rata-rata kelas 87,62 (3) Adanya peningkatan proses jawaban dari siklus I dimana nilai proses jawabanya 2,79 menjadi 3,43 di siklus II atau dari kurang baik menjadi baik. Saran yang pada penelitian ini adalah (1) Salah satu kekurangan pembelajaran ini adalah ketika fase menjawab, guru disarankan unutk memanggil lebih dari satu orang siswa dimana masing-masing siswa berasal dari kelompok yang berbeda kemudian hasil kerja kelompok tersebut dibandingkan untuk memicu kelompok lain untuk memberikan tanggapan ataupun pertanyaan ketika jawaban yang ditampilkan kelompok lain berbeda dengan jawaban kelompoknya. (2) Untuk penggunaan waktu yang lebih efektif disarankan guru menyiapkan sket pembelajaran atau semacam rangkuman materi setiap pertemuannya. (3) hendaknya masalah yang didiskusikan pada LAS ataupun tes kemampuan komunikasi adalah masalah-masalah yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari. (4) Disarankan pada fase “membimbing kelompok bekerja dan belajar serta berpikir bersama” guru memberikan pertanyaan pada setiap kelompok dengan kualitas pertanyaan yang sama ataupun dengan pertanyaan yang sama. (5) Buatlah batas waktu yang tepat setiap fasenya dengan bantuan alat pengingat waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaragih, Sahat1961020519880310003
Call Number: SK-2017 MAT 096
Keywords: Aktivitas Belajar; Kemampuan Komunikasi Matematika; NHT
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Sep 2017 17:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26547

Actions (login required)

View Item View Item