PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) MENGGUNAKAN MEDIA VIRTUAL LAB DAN REAL LAB PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

Tarihoran, Wati Darisna (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) MENGGUNAKAN MEDIA VIRTUAL LAB DAN REAL LAB PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4131131051 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4131131051 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4131131051 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4131131051 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4131131051 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4131131051 TABLE.pdf.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4131131051 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4131131051 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4131131051 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4131131051 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4131131051 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara model pembelajan inkuiri terbimbing (guided inquiry) dengan menggunakan media virtual lab dibandingkan media real lab terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan di kelas XI IPA SMA Negeri 9 Medan. Sampel penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen I yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan media virtual lab dan kelas eksperimen II diberi perlakuan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan media real lab. Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan terdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-Dua Pihak dengan hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,849 > 2,0021) maka Ho ditolak. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model inkuiri terbimbing menggunakan media virtual lab dibandingkan media real lab pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNurmalis, 195704271989032001
Call Number: SK-2017 KIM 083
Keywords: Inkuiri Terbimbing; Virtual Lab; Real Lab dan Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 15 Sep 2017 15:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26454

Actions (login required)

View Item View Item