PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI METODE PENYELESAIAN SOAL SECARA SISTEMATIS (PS3) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

Nurfatimah, (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI METODE PENYELESAIAN SOAL SECARA SISTEMATIS (PS3) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 4131131033 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_NIM_4131131033_LEMBAR_PENGESAHAN(2).pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 4131131033 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 4131131033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 4131131033 DAFTAR_ISI.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 4131131033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 4131131033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 4131131033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 4131131033 BAB I.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 4131131033 BAB V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 4131131033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapatkan pembelajaran model PBL terintegrasi metode PS3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI PMIA (Peminatan Matematika dan Ilmu Alam) SMA Negeri 13 Medan yang berjumlah 10 kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil secara purposive sampling sebanyak dua kelas, yakni satu kelas sebagai kelas eksperimen I dan satu kelas sebagai kelas eksperimen II. Kelas eksperimen I mendapat pembelajaran model PBL terintegrasi metode PS3. Kelas eksperimen II mendapat pembelajaran model direct instruction terintegrasi metode PS3. Masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berbentuk pilihan ganda berjumlah 6 soal dan essay test berjumlah 5 soal yang semuanya valid dan reliabel dengan reliabilitas 0,92 dan 0,79. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest, posttest dan gain pada kelas eksperimen I dan eksperimen II berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 untuk peningkatan hasil belajar siswa diperoleh thitung > ttabel, yakni 1,722 > 1,6715 berarti Ha diterima. Demikian juga untuk kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh 4,74 > 1,6715 berarti Ha diterima. Peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran model PBL terintegrasi metode PS3 lebih tinggi daripada yang mendapat pembelajaran model direct instruction pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan yaitu 0,7650 > 0,7121. Begitu pula peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu 0,8032 > 0,5944. Tingkat kemampuan siswa dalam menggunakan langkah-langkah PS3 untuk kelas eksperimen I sebesar 79,35% dan untuk kelas eksperimen II sebesar 78,1% dengan kategori tinggi.Tingkat kemampuan berpikir kritis siswa per-aspek kelas eksperimen I sebesar 87,8 dan kelas eksperimen II sebesar 76,67.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJahro, Iis Siti196510151992032003
Call Number: SK-2017 KIM 064
Keywords: Problem based learning; Penyelesaian soal secara sistematis; Kemampuan berpikir kritis; Hasil belajar; Kelarutan; Hasil kali kelarutan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 12 Sep 2017 09:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26272

Actions (login required)

View Item View Item