PENGEMBANGAN MODUL KIMIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAMI PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA DAN ASAM BASA UNTUK SISWA SMA

Prasila, Dinda (2017) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAMI PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA DAN ASAM BASA UNTUK SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4133131012 COVER. pdf.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4133131012 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4133131012 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4133131012 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4133131012 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4133131012 TABLES.pdf.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4133131012 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4133131012. APPENDICES.pdf.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4133131012 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4133131012 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4133131012 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan modul kimia terintegrasi nilai-nilai Islami bertujuan untuk (1) mengetahui nilai-nilai Islami dalam materi ajar pada buku kimia SMA, (2) mengetahui kualitas dan kelayakan modul kimia SMA terintegrasi nilai-nilai Islami pada pokok bahasan kesetimbangan kimia dan asam basa berdasarkan BSNP dan berdasarkan nilai-nilai Islami, (3) mengetahui respon guru kimia mahasiswa kimia terhadap modul kimia SMA terintegrasi nilai-nilai Islami pada pokok bahasan kesetimbangan kimia dan asam basa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R and D), melalui tahap analisis, tahap rancangan dan tahap pengembangan. Tahap analisis dimulai penentuan buku kimia yang dipergunakan di sekolah. Buku diidentifikasi oleh peneliti untuk melihat apakah terdapat nilai-nilai Islami dalam buku. Selanjutnya tahap rancangan modul kimia dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islami. Tahap pengembangan dimulai dengan menguji kelayakan modul kimia dengan instrumen angket BSNP oleh 3 orang dosen kimia UNIMED dan 3 orang guru kimia mendapatkan skor 3,378 yang berarti valid dan tidak perlu direvisi. Rancangan modul kimia hasil pengembangan dibagikan kepada 3 guru kimia dan 15 mahasiswa untuk meminta pandangan terhadap modul kimia dengan menggunakan angket yang telah disediakan oleh peneliti dan mendapat skor 3,51 yang berarti mendapat respon positif. Dari hasil penilaian diperoleh nilai yang valid yang berarti modul kimia layak untuk digunakan dan mendapat tanggapan yang positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDarmana, Ayi196608071990101001
Call Number: SK-2017 KIM 061
Keywords: modul pembelajaran; nilai-nilai Islami; BSNP
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Sep 2017 17:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26263

Actions (login required)

View Item View Item