PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LATIHAN INKUIRI (INQUIRY TRAINING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA MUHAMMADIYAH 1 MEDAN T.P. 2016/2017

Dzahroh, Shabrina (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LATIHAN INKUIRI (INQUIRY TRAINING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA MUHAMMADIYAH 1 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4132121028 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4132121028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4132121028 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4132121028 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4132121028 PREFACE.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4132121028 TABEL OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4132121028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4132121028 TABELS.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4132121028 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 4132121028 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 4132121028 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4132121028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas siswa dan pengaruh model pembelajaran inquiry training. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Muhammadiyah 1 Medan yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas secara acak yaitu kelas X 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 orang dan kelas X 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 orang. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf α = 0,05. Dari hasil penelitian diperoleh nilai ratarata pretes kelas eksperimen yaitu 24,58 dan kelas kontrol yaitu 22,38. Selanjutnya dilakukan uji homogenitas dan diperoleh bahwa kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil analisis data dari uji t dua pihak menunjukkan kedua kelas sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen = 73 dan kelas kontrol = 69. Hasil analisis uji t satu pihak menunjukkan adanya pengaruh dari model pembelajaran inquiry training. Dari hasil pengamatan aktifitas siswa diperoleh peningkatan. Pada pertemuan I diperoleh rata-rata 55,15 % naik di pertemuan II menjadi 66, 52 % pada pertemuan III naik menjadi 80, 64 %. Peningkatan aktivitas belajar ini mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMotlan, 195908051986011001
Call Number: SK-2017 FIS 158
Keywords: Model Inquiry Training, Hasil Belajar Siswa, Aktivitas Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Sep 2017 10:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26176

Actions (login required)

View Item View Item