PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS

Tanjung, Yuli Handayani (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM. 4133121062 Cover Skripsi.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4133121062 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4133121062 abstrak.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4133121062 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4133121062 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4133121062 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4133121062 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4133121062 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4133121062 BAB I.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4133121062 BAB V.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4133121062 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4133121062 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, untuk mengetahui sikap dan keterampilan siswa, dan untuk mengetahui pengaruh model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap hasil belajar pada materi Momentun dan Impuls. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 7 Medan yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian diambil dua kelas yaitu kelas MIPA-1(sebagai kelas eksperimen) dan kelas MIPA-4 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 37 dan 39 siswa yang ditentukan dengan teknik Random Sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model Inkuiri Terbimbing dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Dari hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 79,38 dan kelas kontrol 73,77. Hasil nilai rata-rata sikap disiplin 82,67, jujur 75,33, berpikir kritis 70, tanggung jawab 75,67, dan kerja sama 73. Berdasarkan hasil uji hipotesis thitung > ttabel (2,80 >1,67) maka H0 ditolak dan Ha diterima dengan demikian ada pengaruh yang signifikan penerapan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar,, Alkhafi Maas196901271994121001
Call Number: SK-2017 FIS 173
Keywords: Quasi Eksperimen, Inkuiri Terbimbing, Konvensional
Subjects: Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics
Q Science > QC Physics > QC750 Magnetism
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Sep 2017 14:45
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26069

Actions (login required)

View Item View Item