PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

Malau, Reinhard Chandra (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4133131051 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4133131051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4133131051 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4133131051 PREFACE.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4133131051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4133131051 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4133131051 TABLES.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4133131051 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4133131051 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4133131051 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4133131051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara model kooperataif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar kimia siswa menggunakan Macromedia Flash pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Medan. Sampel penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen I yang diberi perlakuan dengan model kooperatif tipe TGT dan kelas eksperimen II diberi perlakuan dengan model kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-dua pihak dengan hasil penelitian ini pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) menunjukkan bahwa thitung > t ½ α (3,29 > 1,994) maka Ho ditolak. Dengan demikian ada perbedaan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan model kooperataif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan model tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Peningkatan hasil belajar siswa dihitung dengan bentuk gain ternormalisasi dan didapatkan persen keberhasilan belajar siswa pada kelas eksperimen I sebesar 75 % dan kelas eksperimen II sebesar 64 %. Distribusi pencapaian nilai afektif pada kelas eksperimen I sebesar 78,82 % dan pada kelas eksperimen II sebesar 75% sedangkan untuk nilai pencapaian psikomotorik pada kelas eksperimen I sebesar 75,35 % dan pada kelas ekperimen II sebesar 71,94 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimatupang, Lisnawaty197607192003122002
Call Number: SK-2017 KIM 047
Keywords: hasil belajar; Team Games Tournament; Student Team Achievement Division; Macromedia Flash
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 28 Aug 2017 10:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25919

Actions (login required)

View Item View Item