PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA KARTU BERPASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDOKS

Rini, (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA KARTU BERPASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4132131023 COVER .pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4132131023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4132131023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4132131023 PREFACE.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4132131023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4132131023 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4132131023 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4132131023 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4132131023 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4132131023 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4132131023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media kartu berpasangan lebih tinggi daripada model Problem Based Learning (PBL) tanpa menggunakan media kartu berpasangan pada materi reaksi redoks, mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media kartu berpasangan terhadap aktivitas belajar kimia siswa SMA pada pokok bahasan reaksi redoks, korelasi aktivitas belajar siswa terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA SMA Swasta ERIA Medan, yang berjumlah 5 kelas sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara purposif sampling, 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas lagi sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimental. Instrumen tes yang valid sebanyak 20 soal dan dinyatakan reliabel = 0,81. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest dan postest pada kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan untuk uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung ≥ ttabel, yakni 6,20 ≥ 2,0021, berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu peningkatan hasil belajar kimia siswa yang menerapkan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media kartu berpasangan lebih tinggi dibandingkan dengan model Problem Based Learning (PBL) tanpa menggunakan media kartu berpasangan pada materi reaksi redoks di kelas X IPA SMA Swasta ERIA Medan yaitu 86 > 76,5 . Untuk korelasi, menunjukan korelasi positif antara aktivitas siswa dalam kelompok dengan peningkatan hasil belajar yaitu r hitung > r tabel (0,76 > 0,361) dengan koefisien determinasi 57,76.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJasmidi, 196511041991031002
Call Number: SK-2017 KIM 039
Keywords: PBL; Kartu Berpasangan; Aktivitas; Reaksi Redoks
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 16 Aug 2017 15:51
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25828

Actions (login required)

View Item View Item