PENERAPAN MO0DEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS VII SMP NEGERI N13 BINJAI 2016/2017

iZahara, Sit (2017) PENERAPAN MO0DEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS VII SMP NEGERI N13 BINJAI 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4123311050 COVER_doc.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4123311050 PENGESAHAN_docx.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4123311050 RIWAYAT HIDUP_docx.pdf - Published Version

Download (3kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.NIM 4123311050 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4123311050 KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4123311050 DAFTAR ISI_docx.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4123311050 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4123311050 DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4123311050 DAFTAR GRAFIK_docx.pdf - Published Version

Download (3kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 4123311050 DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.NIM 4123311050 BAB I_doc.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 4123311050 BAB V_docx.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. NIM 4123311050 DAFTAR PUSTAKA_doc.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dikelas VIISMP Negeri 13 Binjai T.A. 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 SMP Negeri 13 Binjai yang berjumlah 36 orang dan objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatiftipe Think Pair Share (TPS) di kelas VII SMP Negeri 13 Binjai. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, observasi, dan wawancara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan pada setiap akhir siklus, siswa diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan analisis data, di peroleh bahwa langkah-langkah pemecahan masalah matematika siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada langkah memahami masalah meningkat dari 80,21 (80,21%) dengan tingkat kemampuan tinggi menjadi 94,17 (94,17%) dengan tingkat kemampuan sangat tinggi. Pada langkah merencanakan pemecahan masalah meningkat dari 63,13 (63,13%) dengan tingkat kemampuan rendah menjadi 81,77 (81,77%) dengan tingkat kemampuan tinggi. Pada langkah menyelesaikan pemecahan masalah meningkat dari 61,56 (61,56%) dengan tingkat kemampuan rendah menjadi 80,42 (80,42%) dengan tingkat kemampuan tinggi. Pada langkah memeriksa kembali meningkat dari70,21 (70,21%) dengan tingkat kemampuan sedang menjadi 84,79 (84,79%) dengan tingkat kemampuan tinggi. Berdasarkan criteria ketuntasan klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat di simpulakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi Bangun Datar dikelas VII SMP Negeri 13 Binjai. Saran yang diajukan adalah agar penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) ini dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, khususnya materi bangun datar segiempat dan perlu juga di uji coba untuk materi lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSyafari, 19540929 198903 1 001
Thesis advisorSinaga, B.196509101991021001
Call Number: SK-2017 MAT 107
Keywords: MODEL THINK PAIR SHARE, KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Aug 2017 10:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25732

Actions (login required)

View Item View Item