PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DENGAN THINK PAIR SHARE(TPS) PADA MATERI SISTEM IMUNITAS DI KELAS XI SMA NEGERI 13 MEDAN T.P. 2016/2017

Novilia, Ridha (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DENGAN THINK PAIR SHARE(TPS) PADA MATERI SISTEM IMUNITAS DI KELAS XI SMA NEGERI 13 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01.NIM 4133341089 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 4133341089 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 4133341089 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 4133341089 PREFACE.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 4133341089 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 4133341089 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 4133341089 TABLES.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 4133341089 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 4133341089 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4133341089 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4133341089 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajardanaktivitassiswamenggunakan model pembelajarantipeJigsawdenganThink Pair Share (TPS)padamaterisistem imunitas di kelas XI SMA Negeri 13T.P. 2016/2017.Penelitianinidilakukan di kelas XI IPA5dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang,menggunakan model pembelajarankooperatifJigsawdankelasXI IPA7 dengan jumlah siswa sebanyak30 orang, menggunakan model pembelajaranThink Pair Share (TPS),sehingga total sampel 60siswa. Untukmengujihipotesis yang dirumuskan, digunakanuji t. Dari hasilpenelitiandiperolehbahwanilairata-rata pretest kelas Jigsaw sebesar 55,8(SD= 12,236) dan nilai rata-rata pretest kelas Think Pair Share(TPS) sebesar 55,3 (SD= 5,908). Nilai rata-rata posttestkelasJigsawsebesar80(SD= 6,840) dannilai rata-rata posttestkelasThink Pair Share (TPS)sebesar73,7 (SD= 5,719). Rata-rata skoraktivitassiswakelas Jigsaw pada dua kali pertemuan adalah 70%, sedangkan rata-rata skoraktivitassiswakelasTPSpada dua kali pertemuanadalah 63,33%. Berdasarkan hasil analisisstatistik diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dengan Think Pair Share (TPS)pada materi sistem imunitas di kelas XI SMA Negeri 13 Medan T.P. 2016/2017 (thit : 4,096, ttabel (58; 0,05) = 1,672). Setelah dilakukan uji lanjut (Tukey), diketahui bahwa hasil belajar siswa pada model pembelajaran kooperatif Jigsaw dengan Think Pair Share (TPS) berbeda nyata (p= 0,000 < 0,05).Dengandemikianhasilbelajardanaktivitassiswadenganmenggunakan model pembelajarantipeJigsawlebihbaikdaripada model pembelajarankooperatiftipeThink Pair Share (TPS).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSinaga, Erlintan196101191986012001
Call Number: SK-2017 BIO 141
Keywords: hasil belajar; aktivitas siswa; jigsaw; tps
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QR Microbiology > QR180 Immunology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Aug 2017 09:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25713

Actions (login required)

View Item View Item