PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENAM IRAMA (AKTIFITAS RITMIK) MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KLS VII SMP NEGERI 30 MEDAN SELAYANG TAHUN AJARAN 2016/2017

Purba, Musrin (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENAM IRAMA (AKTIFITAS RITMIK) MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KLS VII SMP NEGERI 30 MEDAN SELAYANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 6103111068 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 6103111068 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 6103111068 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 6103111068 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 6103111068 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 6103111068 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 6103111068 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 6103111068 PREFACE.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 6103111068 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 6103111068 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 6103111068 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 6103111068 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 6103111068 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 6103111068 TABLES.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 6103111068 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 6103111068 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 6103111068 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 6103111068 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 6103111068 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 6103111068 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar Senam Irama yang didapat siswa kelas VII SMP Negeri 30 Medan Selayang 2016/2017 melalui pendekatan saintifik.
Subjek Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 30 Medan Selayang 2016/2017, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 37 orang. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang berbentuk portofolio, dengan pendekatan saintifik,maka diadakan tes hasil belajar pada siklus I dan II yang berbentuk melakukan gerakan senam irama.
Berdasarkan hasil tes awal senam irama melalui pendekatan saintifik yang dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 30 Medan Selayang. Dari 37 siswa terdapat 12 siswa (32,43%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa (59,90). Hasil dari siklus I terdapat 24 siswa (64,86%) dari 37 siswa, yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa (71,25). Di siklus II terdapat 31 siswa (83,78%) dari 37 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata (83). Dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa dari tes awal sampai dilakukannya siklus I dan siklus II terjadi peningkatan, dapat dikatakan melalui pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil yang didapat maka dapat disimpulkan bahwa Melalui pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar senam irama pada siswa kelas VII SMP Negeri 30 Medan Selayang Tahun Ajaran 2016/2017”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PJKR 101
Keywords: aktifitas ritmik,Pendidikan Jasmani, Hasil Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV840 Winter sports: Ice hockey, skiing, bobsledding, snowmobiling, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Aug 2017 09:31
Last Modified: 23 Aug 2017 07:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25676

Actions (login required)

View Item
View Item