PERSEPSI MASYARAKAT PENGGUNA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DALAM PELAYANAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH HADRIANUS SINAGA PANGURURAN KABUPATEN SAMOSIR (STUDI KASUS DESA SALAON TOBA KECAMATAN RONGGURNIHUTA KABUPATEN SAMOSIR)

Delpina Asmarika, Simbolon (2017) PERSEPSI MASYARAKAT PENGGUNA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DALAM PELAYANAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH HADRIANUS SINAGA PANGURURAN KABUPATEN SAMOSIR (STUDI KASUS DESA SALAON TOBA KECAMATAN RONGGURNIHUTA KABUPATEN SAMOSIR). Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 3133311056 COVER.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 3133311056 APPROVALSHEET.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 3133311056 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 3133311056 PREFACE.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 3133311056 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 3133311056 TABLES.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 3133311056 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 3133311056 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 3133311056 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 3133311056 BILBIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana persepsi masyarakat di Desa Salaon Toba Kecamatan Ronggurnihuta dalam pelayanan Rumah Sakit Hadrianus Sinaga Pangururan Kabupaten Samosir dalam menangani pasien yang menggunakan kartu BPJS Kesehatan baik dari segi perlengkapan, pemberian obat-obatan, pelayanan administrasi, dan kualitas pelayanan lainnya. Adapun populasi penelitian ini adalah masyarakat desa Salaon Toba yang memiliki kartu BPJS Kesehatan yaitu sebanyak 154 orang, sedangkan sampel penelitiannya adalah 4 orang, karena dari 154 orang yang memiliki hanya 4 orang yang sudah pernah menggunakan kartu BPJS Kesehatan tersebut. Adapun tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisa data yang dilakukan adalah analisis kualitatif yang merupakan suatu analisa yang diuraikan dengan katakata sehingga menghasilkan suatu analisis yang bersifat deskriptif analisis yang melukiskan keadaan tertentu mengenai persepsi mayarakat pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dalam pelayanan RSUD Hadrianus Sinaga Kabupaten Samosir. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa masyarakat pengguna BPJS Kesehatan memberikan tanggapan baik terhadap pelayanan yang di berikan pihak RSUD Hadrianus Sinaga Pangururan Kabupaten Samosir mulai dari ketepatan waktu pelayanan, akurasi pelayanan, kesopanan dan keramahan dalam pelayanan, kemudahan dalam mendapatkan pelayanan dan kenyamanan dalam pelayanan. Persepsi yang didapatkan dalam penelitian ini berasal dari pengalaman yang dirasakan pengguna BPJS Kesehatan yang melakukan pengobatan ke rumah sakit tersebut, mereka memberikan pendapat yang positif terhadapa kinerja dari rumah sakit. Hal ini dapat dilihat dari kelengkapan tenaga medis, fasilitas kerja serta kejelasan obat di RSUD Hadrianus Sinaga Pangururan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYusna, Melianti195610081985112001
Call Number: SK-2017 PKN 059
Keywords: Persepsi, Masyarakat, BPJS Kesehatan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion
J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service
T Technology > TX Home economics > TX901 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Aug 2017 10:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25584

Actions (login required)

View Item View Item