PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MEMPERBAIKI PERALATAN RUMAH TANGGA LISTRIK UNTUK SISWA KELAS XI SMK SWASTA IMELDA MEDAN

Gibran, M. Khalil (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MEMPERBAIKI PERALATAN RUMAH TANGGA LISTRIK UNTUK SISWA KELAS XI SMK SWASTA IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 5123331023 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 5123331023 APPROVAL SHEETS.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 5123331023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 5123331023 FOREWORD.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 5123331023 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 5123331023 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 5123331023 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 5123331023 APPENDIX LIST.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 5123331023 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5123331023 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5123331023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas siswa yang menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS6 dengan siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional (gambar) pada mata pelajaran memperbaiki peralatan rumah tangga listrik Semester Genap di SMK Swasta Imelda Medan pada T.A. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Swasta Imelda Medan Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil 2 kelas, yaitu kelas XI TITL 1 sebagai kelas Eksperimen dan kelas XI TITL 2 sebagai kelas Kontrol, yang masing-masing kelas berjumlah 24 orang siswa. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 30 butir. Hasil pengujian pretest sebelum diberi perlakuan yang berbeda, yaitu skor rata-rata di kelas eksperimen (47,92) dengan standar deviasi 9,37 dan skor rata-rata di kelas control (49,86) dengan standar deviasi 10,97. Pada pengujian data pretest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen yang berarti memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen diajarkan dengan pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS6 dan kelas control diajar dengan pembelajaran menggunakan media konvensional (gambar). Setelah pembelajaran selesai diberikan posttest, diperoleh nilai posttest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen (90,14) dengan standar deviasi 4,34 dan kelas control (81,39) dengan standar deviasi 4,71. Dari hasil pengolahan data posttest diperoleh bahwa thitung = 6,70 dan ttabel = 1,67. Sehingga thitung > ttabel (6,70 > 1,67). Maka, Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS6 memberikan peningkatan hasil belajar pada pelajaran Memperbaiki Peralatan Rumah Tangga Listrik yang lebih tinggi daripada pembelajaran menggunakan media pembelajaran konvensional (gambar) pada siswa kelas XI SMK Swasta Imelda Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBahar, uddin196612311992031020
Call Number: SK-2017 ELK 039
Keywords: Media Pembelajaran Interaktif berbasis Adobe Flash CS6, Media Pembelajaran Konvensional (gambar), Hasil Belajar.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power. Powerplants. Central stations
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Aug 2017 15:40
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25341

Actions (login required)

View Item View Item