PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA HANDOUT DAN KARTU BERPASANGAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KONSEP MOL

Arafah, Riza Nurul (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA HANDOUT DAN KARTU BERPASANGAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KONSEP MOL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4131131040 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4131131040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4131131040 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4131131040 PREFACE.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4131131040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4131131040 TABLES.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4131131040 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4131131040 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4131131040 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4131131040 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4131131040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan dua media yaitu media Handout dan kartu berpasangan melalui model Problem Based Learning terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Pegajahan pada materi konsep mol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Pegajahan yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian secara random sampling terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen 1 yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning menggunakan Handout dan kelas eksperimen 2 yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning menggunakan kartu berpasangan. Penelitian ini menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 20 soal yang telah di uji validitasnya, reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Kemudian untuk aktivitas menggunakan lembar observasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan uji t dua pihak dan uji korelasi. Berdasarkan hasil analisis data, maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu: 1) ada perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) menggunakan media handout dengan model Problem Based Learning (PBL) menggunakan media kartu berpasangan. 2) ada perbedaan aktivitas siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) menggunakan media handout dengan model Problem Based Learning (PBL) menggunakan media kartu berpasangan. 3) ada korelasi positif dan signifikan antara hasil belajar dengan aktivitas belajar siswa dengan kategori korelasi rendah pada kelas eksperimen 1 yakni sebesar 0,397. 4) ada korelasi positif dan signifikan antara hasil belajar dengan aktivitas belajar siswa dengan kategori korelasi rendah pada kelas eksperimen 2 yakni sebesar 0,355.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNur, fajriani196709022005022004
Call Number: SK-2017 KIM 101
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning; Media Handout; Kartu Berpasangan; Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Aug 2017 15:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25309

Actions (login required)

View Item View Item