PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERPASANGAN DAN MEDIA LKS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KONSEP MOL

Mawarni, (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERPASANGAN DAN MEDIA LKS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KONSEP MOL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4133331071 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4133331071 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4133331071 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4133331071 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4133331071 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4133331071 TABLES.pdf.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4133331071 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4133331071 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4133331071 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4133331071 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4133331071 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model Problem based learning menggunakan media kartu berpasangan dan media LKS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling Random (Acak) dengan mengambil 2 dari 7 kelas yaitu X MIA-5 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X MIA-2 sebagai kelas eksperimen 2. Sampel yang digunakan dalam kelas eksperimen 1 yaitu sebanyak 25 siswa dan dalam kelas eksperimen 2 sebanyak 25 siswa. Dalam penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa digunakan instrumen tes objektif yaitu tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang sudah valid. Proses pembelajaran pada kelas eksperimen 1 diberikan perlakuan dengan model Problem based learning menggunakan Media Kartu Berpasangan dan kelas eksperimen 2 diberikan perlakuan dengan model Problem based learning menggunakan media LKS. Dari hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kimia siswa di kelas eksperimen 1 yaitu 81,8. Sementara rata-rata hasil belajar kimia siswa di kelas eksperimen 2 yaitu 76,4. Data hasil kelompok sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t dua pihak diperoleh thitung = 2,313 dan ttabel = 2,0294, sehingga thitung > ttabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model Problem based learning menggunakan media kartu berpasangan dan media LKS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNurmalis, 19570427 198903 2 001
Call Number: SK-2017 KIM 131
Keywords: MODEL PROBLEM BASED LEARNING;MEDIA KARTU BERPASANGAN;MEDIA LKS;HASIL BELAJAR;KONSEP MOL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Aug 2017 10:12
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25208

Actions (login required)

View Item View Item