PENERAPAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN REAKSI KELAS X MAN BINJAI

Sari, Dwy Puspita (2017) PENERAPAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN REAKSI KELAS X MAN BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4133331009 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4133331009 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4133331009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4133331009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4133331009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4133331009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4133331009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4133331009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4133331009 BAB I.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4133331009 BAB V.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4133331009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa dengan menerapkan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) Simson Tarigan pada pokok bahasan Persaamaan Reaksi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA yang menggunakan kurikulum 2013. Siswa kelas X MIA di MAN Binjai berjumlah 4 kelas. Setiap kelasnya ratarata berjumlah 40 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIA 2 dan X MIA 3 yang diambil secara random sampling. Kelas pertama dijadikan sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK), dan kelas kedua dijadikan sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction). Sebagai prasayarat uji hipotesis, data hasil belajar kedua kelompok sampel diuji normalitas dan homogenitasnya dan diperoleh data kedua kelompok sampel berdistribusi normal dan homogen. Untuk uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent Sampel T-test dan diperoleh hasil pengujian hipotesis dengan menggunakantaraf signifikansi 5% (α=0,05). Pada pengujian hipotesis diperoleh harga thitung > ttabel (4,619 > 1,670). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak, yang artinya peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan menggunakan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) lebih tinggi daripada hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction). Persentase peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan menggunakan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) adalah sebesar 74,5% sedangkan yang diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) adalah sebesar 64,8%. Sehingga model M3PK dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada materi Persamaan Reaksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTarigan, Simson196002231986031005
Call Number: SK-2017 KIM 134
Keywords: M3PK, HASIL BELAJAR, PERSAMAAN REAKSI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Aug 2017 10:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25200

Actions (login required)

View Item View Item