PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM SUSPENSI PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK KARYA SERDANG 1 LUBUK PAKAM

Simbolon, Gunawan T p (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM SUSPENSI PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK KARYA SERDANG 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. 5113122015 COVER.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. 5113122015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. 5113122015 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. 5113122015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. 5113122015 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. 5113122015 TABLES.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. 5113122015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. 5113122015 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. 5113122015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 5113122015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 5113122015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sistem Suspensi siswa kelas XI TKR SMK Swasta Karya Serdang Lubuk Pakam dengan model pembelajaran kooperatif tipe Script. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Karya Serdang 1 Lubuk Pakam dengan jumlah 28 orang siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata diklat Sistem Suspensi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa secara individual dan tabel observasi aktifitas siswa dan guru. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan/tindakan, tahap pengamatan/observasi, dan tahap refleksi. Untuk mendapatkan hasil belajar siswa dilakukan dengan 2 tahapan tes, yaitu tes kemampuan awal (pre test), tes kemampuan akhir (post test). Hasil penelitian pada siklus I 71,43% siswa yang mendapat nilai tuntas dan pada siklus II total siswa yang memenuhi kreteria ketuntasan meningkat menjadi 85,71%. Pada observasi siklus I tingkat aktifitas guru 72,90% dan siswa 72,32% dan dikategorikan cukup, sedangkan pada siklus II tingkat aktifitas guru 89,58% (sangat aktif) dan siswa 83,03% (aktif). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem suspensi kelas XI TKR SMK Karya Serdang 1 Lubuk Pakam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSuherman, 195507011983031004
Call Number: SK-2017 OTM 027
Keywords: hasil belajar; Model pembelajaran kooperatif tipe script
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Aug 2017 11:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25143

Actions (login required)

View Item View Item