PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 7 MEDAN T.P 2016/2017

Tampubolon, Naomi Juliana (2017) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 7 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7131141081 COVER.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7131141081 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7131141081 PREFACE.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7131141081 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7131141081 TABLE AND CONTENT.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7131141081 TABLES.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7131141081 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7131141081 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7131141081 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7131141081 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7131141081 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan T.A. 2016/2017. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan T.A. 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 , Medan T.A 2016/2017, dengan populasi siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan yang berjumlah 110 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Slovin dengan teknik Simple Random Sampling, yaitu anggota populasi sebanyak 53 siswa dijadikan sebagai sampel, dan instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar siswa berupa angket. Validitas tes diuji dengan menggunakan product moment dengan hasil dari masing-masing variabel keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar siswa dinyatakan 20 soal valid. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus alpha cronbach dengan hasil untuk reliabilitas keterampilan mengajar guru adalah sebesar 0,742 > 0,2706 ( rhitung > rtabel ) dan motivasi belajar siswa adalah sebesar 0,741 > 0,2706( rhitung > rtabel ). Dari hasil analisis diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 6,077+ 0,406X1 + 0,555X2. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t pada taraf signifikan alpha 5%, hasil yang diperoleh menunjukkan keterampilan mengajar guru berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dimana thitung > ttabel (7,927 > 1,675). Dan motivasi belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar dimana thitung > ttabel (9,783 > 1,675). Hasil yang diperoleh pada uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan variabel keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Darussalam Medan T.A. 2016/2017 dengan nilai Fhitung > Ftabel (809,830 > 3,18). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan T.A. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDNugrahadi, Eko Wahyu195305121983031001
Call Number: SK-2017 EKO 103
Keywords: Keterampilan Mengajar Guru; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Aug 2017 11:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25136

Actions (login required)

View Item View Item