PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS METODE KUMON UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN LOGIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 MEDAN

Juwita, Hera (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS METODE KUMON UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN LOGIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8146171036 COVER.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8146171036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8146171036 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8146171036 PREFACE.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8146171036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8146171036 TABLES.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8146171036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8146171036 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8146171036 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8146171036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) validitas, kepraktisan dan efektifitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis metode Kumon; 2) peningkatan kemampuan penalaran logis dan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 17 Medan. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh bahwa: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, baik dari segi isi maupun konstruk; (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis digunakan; (3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif, dilihat dari ketercapaian ketuntasan belajar siswa, aktivitas guru dan siswa dalam batas toleransi yang ditetapkan dan respon siswa terhadap pembelajaran dalam kategori baik; (4) peningkatan kemampuan penalaran logis siswa dari uji coba I 79,22 meningkat menjadi 87,71 pada uji coba II; dan (5) peningkatan kemandirian belajar siswa dari uji coba I sebesar 71,43 menjadi 74,12 pada uji coba II.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSyahputra, Edi195701211989031001
Thesis advisorNapitupulu, E. Elvis196312251988031004
Call Number: 510.071 2 Juw p
Keywords: Perangkat pembelajaran; Metode kumon; Kemampuan penalaran logis; Kemandirian belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Jul 2017 11:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25049

Actions (login required)

View Item View Item