HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA DAN PEMANFAATAN INTERNET DENGAN KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL MAHASISWA JURUSAN BAHASA INDONESIA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Lubis, Rostina (2008) HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA DAN PEMANFAATAN INTERNET DENGAN KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL MAHASISWA JURUSAN BAHASA INDONESIA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 045020258 - Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 045020258 - Abstrak.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 045020258 - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 045020258 - Bab I.pdf - Published Version

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 045020258 - Bab V.pdf - Published Version

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 045020258 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan membaca dengan kemampuan menulis artikel, mengetahui hubungan pemanfaatan Internet dengan kemampuan menulis artikel, dan mengetahui hubungan kebiasaan membaca dan pemanfaatan internet dengan kemampuan menulis artikel mahasiswa jurusan bahasa Indonesia UNIMED.Hipotesis yang diajukan adalah: (1) Terdapat hubungan yang signifikan kebiasaan membaca dengan kemampuan menulis artikel mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Indonesia UNIMED. (2) Terdapat hubungan yang signifikan pemanfaatan internet dengan kemampuan menulis artikel mahasiswa jurusan bahasa Indonesia UNIMED. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan kebiasaan membaca dan pemanfaatan internet secara bersama-sama dengan kemampuan menulis artikel mahasiswa jurusan bahasa Indonesia UNIMED.Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester IV jurusan bahasa Indonesia yang berjumlah 148 orang dan yang menjadi sampel 45 orang diambil menggunakan teknik proporsional random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dan tes kemampuan menulis artikel. Tes kemampuan menulis artikel digunakan untuk mendapatkan data tentang kemampuan menulis artikel, dan kuesioner untuk mendapatkan data tentang kebiasaan membaca dan pemanfaatan internet. Sebelum kuesioner digunakan terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data adalah analisis statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian.Temuan Penelitian ini adalah: (1) Terdapat hubungan positif yang signifikan kebiasaan membaca dan kemampuan menulis artikel melalui koefisien korelasi sebesar 0,532; (2) Terdapat hubungan positif yang signifikan pemanfaatn internet dengan kemampuan menulis artikel melalui koefisien korelasi sebesar 0,507; (3) terdapat hubungan yang positif yang signifikan antara kebiasaan membaca dan pemanfaatan Internet dengan kemampuan menulis artikel, melalui koefisien korelasi ganda Ry 12 = 0,563. Koefisien determinasi menunjukan hasil 0,317, hal ini berarti 31,7% variasi yang mempengaruhi kemampuan menulis artikel dapat dijelaskan oleh kebiasaan membaca dan pemanfaatan Internet secara bersama-sama.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNapitupulu, Efendi196311271987031001
Thesis advisorMukhtar, 195908071983031033
Call Number: 378.125 Lub h
Keywords: Internet, Menulis Artikel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2459

Actions (login required)

View Item View Item