PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA YANG DIBERI PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN GEOGEBRA DAN KONTEKSTUAL DI SMP NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR

Harahap, Aprizal (2017) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA YANG DIBERI PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN GEOGEBRA DAN KONTEKSTUAL DI SMP NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8146172007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8146172007 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8146172007 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8146172007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8146172007 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8146172007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8146172007 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8146172007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8146172007 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8146172007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8146172007 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8146172007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8146172007 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8146172007 TABLES.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8146172007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8146172007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (828kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8146172007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8146172007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8146172007 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8146172007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa antara yang diberi pendekatan realistik berbantuan geogebra dan kontekstual, (2) perbedaan peningkatan disposisi matematis siswa antara yang diberi pendekatan realistik berbantuan geogebra dan kontekstual, (3) Aktivitas belajar siswa selama pendekatan realistik berbantuan geogebra dan kontekstual, (4) Proses jawaban siswa dalam menyelesaiakan masalah pada pendekatan realistik berbantuan geogebra dan kontekstual. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Angkola Timur sebanyak 60 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII (Tujuh) dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2) melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan representasi matematis dan angket disposisi matematis siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas. Data dianalisis dengan uji ANACOVA. Sebelum digunakan uji ANACOVA terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dalam penelitian dan homogenitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) Perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pendekatan realistik berbantuan geogebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pendekatan kontekstual, (2) Perbedaan peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh pendekatan realistik berbantuan geogebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pendekatan kontekstual, (3) Proses jawaban siswa dalam penyelesaian soal-soal kemampuan representasi matematis yang diberi pendekatan realistik berbantuan geogebra lebih baik dan bervariasi dibanding dengan siswa yang diberi pendekatan kontekstual. (4) Aktivitas siswa terhadap pendekatan realistik berbantuan geogebra dan pendekatan kontekstual dalam kategori aktif dengan persentase lebih dari 80%

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Har p
Keywords: Pendekatan realistik berbantuan geogebra; Pendekatan kontekstual; Kemampuan representasi; Disposisi matematis siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 05 May 2017 03:44
Last Modified: 05 May 2017 03:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24511

Actions (login required)

View Item
View Item