PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN PENGETAHUAN PROSEDURAL PADA SISWA SMP

Dewi, Sari Cipta (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN PENGETAHUAN PROSEDURAL PADA SISWA SMP. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 Nim 8156172035 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 Nim 8156172035 Approval Sheet.pdf - Published Version

Download (764kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 Nim 8156172035 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 Nim 8156172035 Akcnowledment.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 Nim 8156172035 Table of Content.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 Nim 8156172035 List of Table.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 Nim 8156172035 List of Illustration.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 Nim 8156172035 List of Appendices.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 Nim 8156172035 Chapter I.pdf - Published Version

Download (773kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 Nim 8156172035 Chapter V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 Nim 8156172035 References.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pengetahuan prosedural siswa, (2) interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pengetahuan prosedural matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Bustanul Ulum Batang Kuis dan sampelnya dipilih secara acak yaitu kelas VIII-1 (eksperimen) dan kelas VIII-2 (kelas Kontrol) yang masing-masing berjumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes KAM, (2) tes kemampuan pemahaman konsep dan pengetahuan prosedural pada materi lingkaran. Instrumen tersebut telah memenuhi syarat validasi serta memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,665 dan 0,672 berturut-turut untuk tes kemampuan pemahaman konsep dan pengetahuan prosedural siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji ANAVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pengetahuan prosedural matematis siswa (2) terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pengetahuan prosedural matematis siswa. Peneliti menyarankan agar model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pengetahuan prosedural matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMulyono, 197112311999031010
Thesis advisorSyahputra, Edi195701211989031001
Call Number: 510.071 Dew p
Keywords: Model pembelajaran berbasis masalah; Macromedia flash; Pemahaman konsep; Pengetahuan prosedural siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 04 May 2017 04:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24495

Actions (login required)

View Item View Item