PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPTIKA GEOMETRIS KELAS X SEMESTER II DI SMA SWASTA CERDAS MURNI TEMBUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Arwira, Tiara Mahdalena (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPTIKA GEOMETRIS KELAS X SEMESTER II DI SMA SWASTA CERDAS MURNI TEMBUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1_NIM 4121121029_COVER.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_NIM 4121121029_APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_NIM 4121121029_ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_NIM 4121121029_PREFACE.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_NIM 4121121029_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_NIM 4121121029_TABLES.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7_NIM 4121121029_ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8_NIM 4121121029_APPENDICES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9_NIM 4121121029_CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13_NIM 4121121029_CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14_NIM 4121121029_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berpikir induktif dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi optika geometris kelas X semester II di SMA Swasta Cerdas Murni Tembung Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dengan desain two group pretest posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa-siswi kelas X semester II yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Sampel yang dipilih adalah kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran berpikir induktif yang berjumlah 30 orang dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban yang telah divalidkan oleh validator, observasi aktivitas belajar, sikap dan keterampilan siswa berupa lembar penilaian yang digunakan oleh observer. Statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis penelitian adalah uji t. Sebagai uji prasyarat digunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 30,2 dan kelas kontrol adalah 26,8, setelah pembelajaran selesai diberikan posttest dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 74,7 dan kelas kontrol 62,2. Analisis uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Hasil uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel yaitu (5,008 > 1,59), artinya ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran berpikir induktif terhadap hasil belajar siswa pada materi optika geometris kelas X semester II di SMA Swasta Cerdas Murni Tembung Tahun Pelajaran 2016/2017. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas siswa kelas eksperimen adalah 77,34 termasuk dalam kriteria aktif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHakim, Abdul196407311991031001
Call Number: SK-2017 FIS 060
Keywords: quasi eksperiment, berpikir induktif, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Apr 2017 02:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24220

Actions (login required)

View Item View Item