INOVASI PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA SMA KELAS X SEMESTER I BERBASIS GUIDED INQUIRY TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER

Atmaja, Gaung (2017) INOVASI PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA SMA KELAS X SEMESTER I BERBASIS GUIDED INQUIRY TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156141019 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156141019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156141019 ABSTRACT DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156141019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156141019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156141019 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8156141019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156141019 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8156141019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8156141019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8156141019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan inovasi penuntun praktikum kimia SMA kelas X semester I, penilaian penuntun praktikum berdasarkan tanggapan ahli serta peningkatan hasil belajar siswa melalui uji coba produk. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengacu pada model ADDIE, yang merupakan singkatan dari Analysis (analisis), Design (desain), Development (Pengembangan), Implementation (penerapan) dan Evaluation (evaluasi). Penuntun praktikum disusun mengikuti langkah model pembelajaran berbasis guided inquiry yang pada prakteknya siswa merancang sendiri percobaan yang akan dilakukan. Selain itu dalam uji coba terbatas penuntun praktikum ini dilakukan pengamatan terhadap sikap dan keterampilan siswa. Lokasi penelitian di SMA Sultan Iskandar Muda dan SMA Negeri 4 Medan dan subjek uji coba terdiri dari delapan belas siswa. Teknik pengumpul data menggunakan lembar validasi penuntun praktikum, angket, lembar observasi dan instrument tes hasil belajar. Teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penuntun praktikum yang telah di inovasi layak menjadi buku pegangan guru dalam pembelajaran kimia, (2) hasil belajar berdasarkan tes kemampuan kognitif siswa MIA 1, MIA 3, MIA 7 dan MIA 10 sebesar 0,7; 0,6; 0,8 dan 0,7 dengan kriteria sedang (3) hasil belajar berdasarkan penilaian sikap siswa MIA 1, MIA 3, MIA 7 dan MIA 10 sebesar 87,5; 87,5; 87,5 dan 93,7, (4), untuk penilaian keterampilan siswa MIA 1, MIA 3, MIA 7 dan MIA 10 sebesar 77,2; 72,7; 79,5 dan 77,2 dengan kriteria baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Thesis advisorJahro, Iis Siti196510151992032003
Call Number: 540.071 2 Atm i
Keywords: Inovasi penuntun praktikum; Kimia SMA semester I; Berbasis guided inquiry
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 06 Apr 2017 03:40
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23853

Actions (login required)

View Item View Item