PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP SISWA SMP SWASTA ESA PRAKARSA SELESAI

Siregar, Sholiha Pratiwi (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP SISWA SMP SWASTA ESA PRAKARSA SELESAI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PREFACE.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. TABLE.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan matematika realistik lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran ekspositori, (2) peningkatan kemandirian belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan matematika realistik lebih baik daripada dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran ekspositori, (3) interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap peningkatan penalaran matematis siswa, (4) interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa, (5) proses jawaban siswa pada tes kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan pendekatan matematika realistik dan pembelajaran ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri Swasta Esa Prakarsa. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan pendekatan matematika realistik dan kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) test kemampuan penalaran matematis, (2) angket kemandirian. Instrumen tersebut telah memenuhi syarat validasi isi. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur. Hasil penelitiaan menunjukkan (1) kemampuan penalaran matematis siswa SMP melalui pendekatan matematika realistik lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan pembelajaran ekspositori. (2) kemandirian belajar siswa SMP melalui pendekatan matematika realistik lebih baik daripada peningkatan kemandirian belajar siswa dengan pembelajaran ekspositori. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa. (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa. (5) Proses penyelesaian jawaban siswa menggunakan pendekatan matematika realistik lebih baik daripada pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorFauzi, M. Amin196406291993031001
Thesis advisorSiman, 195501081980031007
Call Number: 510.071 Sir p
Keywords: Pendekatan; Realistik; Kemampuan; Penalaran; Matematis; Kemandirian belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 09 Mar 2017 08:22
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23665

Actions (login required)

View Item View Item