PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN BERBASIS PENGALAMAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KOLANG

Lumbantobing, Kesya Nirma (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN BERBASIS PENGALAMAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KOLANG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8146191012 COVER.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8146191012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8146191012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8146191012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8146191012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8146191012 LIST OF ISTILAH.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8146191012 TABLES.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8146191012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8146191012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 8146191012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8146191012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 8146191012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pola pengembangan modul pembelajaran menulis cerpen berbasis pengalaman, (2) kelayakan modul pembelajaran menulis cerpen berbasis pengalaman, (3) hasil belajar menulis cerpen berbasis pengalaman pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kolang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Borg and Gall. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain, guru bahasa Indonesia, siswa SMP Negeri 1 Kolang pada uji coba perorangan terdiri dari 3 siswa, 9 siswa pada uji coba kelompok kecil, dan 35 siswa pada uji coba kelompok lapangan terbatas. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 88,88% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 89,06% pada kriteria sangat baik, aspek bahasa dengan rata-rata 85,00% pada kriteria sangat baik, aspek kelayakan buku dengan rata-rata 89,06% pada kriteria sangat baik (2) validasi ahli desain dengan rata-rata 88,75% pada kriteria sangat baik, (3) uji coba guru dengan rata-rata 86.03% dengan kriteria sangat baik (5) uji coba perorangan dengan rata-rata 79,86% dengan kriteria baik, (5) uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 81,25% dengan kriteria sangat baik, dan (6) uji kelompok lapangan terbatas dengan rata-rata 88,57% dengan kriteria sangat baik, (7) hasil belajar rata-rata siswa sebelum menggunakan bahan ajar 63,69% dan hasil belajar rata-rata siswa setelah menggunakan bahan ajar 74,63% dengan kriteria baik. Dengan demikian, modul pembelajaran menulis cerpen berbasis pengalaman yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiburian, Tiur Asi194812291980032002
Thesis advisorGafari, M. Oky Fardian197901152005011002
Call Number: 411.071 Lum p
Keywords: Pengembangan; Modul; Cerpen; Pengalaman
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 28 Feb 2017 07:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23365

Actions (login required)

View Item View Item