Hanum, Hafrida (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERDASARKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS BUDAYA MANDAILING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SEL EFFICACY SISWA SMP NEGERI 02 PANYABUNGAN. Masters thesis, UNIMED.
|
Text
1. NIM. 8146171031. COVER.pdf - Published Version Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
2. NIM. 8146171031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version Download (355kB) | Preview |
|
|
Text
3. NIM. 8146171031. ABSTRACT.pdf - Published Version Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
4. NIM. 8146171031. PREFACE.pdf - Published Version Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
5. NIM. 8146171031. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
6. NIM. 8146171031. TABLE.pdf - Published Version Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
7. NIM. 8146171031. ILLUSTRATION.pdf - Published Version Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
8. NIM. 8146171031. CHAPTER 1.pdf - Published Version Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
12. NIM. 8146171031. CHAPTER 5.pdf - Published Version Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
13. NIM. 8146171031. BIBLIOGAPHY.pdf - Published Version Download (216kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Efektivitas Bahan Ajar berdasarkan pembelajaran kontekstual berbasis budaya Mandailing (PK-BBM) yang dikembangkan; 2) Kepraktisan Bahan Ajar berdasarkan PK-BBM yang dikembangkan 3) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa SMPN 2 Panyabungan dengan menggunakan bahan ajar berdasarkan PK-BBM yang dikembangkan; 4) Peningkatan self efficacy siswa dengan menggunakan bahan ajar berdasarkan PK-BBM yang dikembangkan; dan 5) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan penalaran matematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pertama pengembangan bahan ajar berdasarkan PK-BBM dengan menggunakan model pengembangan 4-D, dan tahap kedua mengujicobakan bahan ajar berdasarkan PK-BBM yang dikembangkan di kelas VII/3 dan VII/4 SMPN 2 Panyabungan. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) Bahan ajar berdasarkan PK-BBM yang dikembangkan efektif, ditinjau dari: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) aktivitas siswa dalam batas toleransi yang telah ditetapkan; c) respon siswa terhadap komponen-komponen bahan ajar dan kegiatan pembelajaran positif; 2) Bahan Ajar berdasarkan PK-BBM yang dikembangkan praktis, ditinjau dari: a) penilaian ahli/praktisi komponen bahan ajar yang dikembangkan tersebut dinyatakan dapat diterapkan; b) hasil pengamatan keterlaksanaan komponen bahan ajar telah memenuhi kategori sangat tinggi dan lembar observasi keterlaksanaan komponen bahan ajar telah dapat dikatakan baik; 3) Terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan bahan ajar berdasarkan PK-BBM yang dikembangkan; 4) Terdapat peningkatan self efficacy siswa dengan menggunakan bahan ajar berdasarkan PK-BBM yang dikembangkan; dan 5) proses jawaban siswa pada uji coba II lebih baik dari uji coba I.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Call Number: | 510.071 Han p | |||||||||
Keywords: | Pengembangan bahan ajar; Model 4-D; PK-BBM; Penalaran matematis; Self efficacy | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks Q Science > QA Mathematics |
|||||||||
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah | |||||||||
Date Deposited: | 28 Feb 2017 02:55 | |||||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23338 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |