PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN PENDEKATAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP BUDI MURNI 3 MEDAN

Situngkir, Friska Ledina (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN PENDEKATAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP BUDI MURNI 3 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM. 8146172022 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM. 8146172022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM. 8146172022 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM. 8146172022 PREFACE.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM. 8146172022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM. 8146172022 TABLES.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM. 8146172022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM. 8146172022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
012. NIM. 8146172022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
013. NIM. 8146172022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (580kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) Untuk memperoleh perangkat pembelajaran pendekatan berbasis masalah yang valid, praktis dan efektif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan perangkat yang dikembangkan dengan pendekatan berbasis masalah. Tahapan penelitian ini mengadaptasi model penelitian pengembangan instruksional model 4D oleh Thiagarajan, yaitu define, design, develop dan disseminate. Desain uji coba pada penelitian ini menggunakan one group pretest dan posttest design. Subjek penelitian pada uji keterbacaan adalah siswa kelas VII-B. Subjek pada uji lapangan adalah siswa kelas VII-A. Data dikumpulkan menggunakan 4 jenis instrument yaitu lembar validitas, lembar observasi, angket dan tes. Hasil penelitian diperoleh perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. (1) Rata-rata total validitas untuk RPP: 4,08; LAS:4,15; Buku Guru:4,05; Buku Siswa: 4,07; Tes hasil belajar:Valid, hasil validasi ini menunjukan bahwa perangkat yang dikembangkan layak digunakan (memenuhi kriteria 4 ≤ Va < 5). (2) Kepraktisan dilihat dari uji coba keterbacaan dengan hasil; lembar observasi keterlaksanaan perangkat 3,28, respon siswa dan respon guru terhadap perangkat pembelajaran masing-masing 3,06 dan 3,27. Hasil uji keterbacaan ini menunjukan bahwa perangkat yang dikembangkan praktis (memenuhi kriteria kepraktisan). (3) Efektifitas dilihat dari uji coba lapangan yaitu: ketuntasan belajar klasikal ≥ 85%, kemampuan guru menggunakan perangkat pembelajaran dalam kategori baik (3,50-4,49), dan aktivitas siswa berada pada kriteria batasan keefektifan pembelajaran. Pada uji coba lapangan terjadi peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa, setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan berbasis masalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDewi, Izwita196207061989032001
Thesis advisorManullang, Martua195205171977021001
Call Number: 510.071 Sit p
Keywords: Pengembangan perangkat pembelajaran; Pendekatan berbasis masalah; Kemampuan penalaran matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 17 Feb 2017 04:52
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23050

Actions (login required)

View Item View Item