PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LUBUK PAKAM

Putri, Jihan Hidayah (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4123311019 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4123311019 APPRVOL SHEET.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4123311019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4123311019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4123311019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4123311019 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4123311019 TABLES.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4123311019 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4123311019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (903kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 412311019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 412311019 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat memperbaiki proses pembelajaran matematika dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dan dilaksanakan pada semester genap Tahun Pembelajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Lubuk Pakam yang berjumlah 31 orang dan objek penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masalah pada pokok bahasan pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Instrumen penelitian dalam mengumpulkan data adalah tes kemampuan pemecahan masalah, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan wawancara. Sedangkan sarana pendukung pembelajaran terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar aktivitas siswa dan tes individu siswa. Sebelum perangkat dan instrumen digunakan terlebih dahulu divalidasi oleh 3 orang validator dan telah dinyatakan valid. Analisa data yang dilakukan dalam beberapa tahap yaitu: reduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Dari analisis data tes kemampuan pemecahan masalah terdapat peningkatan rata-rata yakni; 62,29 pada tes diagnostik, 77,53 pada siklus I, dan 80,32 pada siklus II. Pada kriteria ketuntasan belajar siswa juga terdapat peningkatan yakni pada tes diagnostik sebanyak 12 orang (37,5%), siklus I sebanyak 18 orang (58,06%) dan siklus II sebanyak 27 orang (87,10%). Dari lembar observasi aktivitas guru terdapat peningkatan rata-rata aktivitas guru yakni; 2,5 (baik) pada siklus I dan 3,65 ( sangat baik) pada siklus II. Dari lembar observasi aktivitas siswa terdapat peningkatan rata-rata aktivitas siswa yakni; 2,3 (baik) siklus I dan 3,75 (sangat baik) siklus II. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dapat memperbaiki proses pembelajaran matematika dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSyahputra, Edi196710191992031003
Call Number: SK-2017 MAT 003
Keywords: Model Pembelajaran, Eleminasi, Determinan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Feb 2017 04:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22949

Actions (login required)

View Item View Item