PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH TAHFIZHIL QUR’AN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Sari, Pratiwi Sartika (2016) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH TAHFIZHIL QUR’AN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8146191017 COVER.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM.8146191017 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM.8146191017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM.8146191017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM.8146191017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM.8146191017 TABLES.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM.8146191017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM.8146191017 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM.8146191017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM.8146191017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM.8146191017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar menulis paragraf argumentasi siswa yang diajar dengan menggunakan teknik pembelajaran duti-duta dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan teknik pembelajaran teratai, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar menulis paragraf argumentasi, (3) terdapat interaksi antara teknik pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar menulis paragraf argumentasi siswa. Subjek penelitian ini siswa kelas X Madrasah Aliyah Tahfizhil Qur’an Medan dengan jumlah 68 orang yaitu siswa kelas X-IPA yang berjumlah 34 siswa dan kelas X-AGAMA yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengambilan subjek dilakukan berdasarkan cluster random sampling. Metode penelitian adalah eksperimen dengan desain quasi eksperimen yang menggunakan faktorial 2 x 2. Oleh karena itu, subjek dibagi atas 2 perlakuan yaitu kelompok siswa yang diberikan teknik pembelajaran duti-duta (perlakuan I), yaitu pada siswa kelas X-AGAMA dan kelompok siswa yang diberikan teknik pembelajaran teratai (perlakuan II), yaitu pada siswa kelas X-IPA. Instrumen motivasi belajar dijaring dengan menggunakan angket. Sedangkan hasil belajar menulis paragraf argumentasi digunakan tes penugasan. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar menulis paragraf argumentasi siswa yang diajarkan dengan teknik duti-duta lebih tinggi (88,530) dari pada yang diajarkan dengan teknik teratai (3,991), (2) hasil belajar menulis paragraf argumentasi yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik (103,060) dari pada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah (3,991), (3) terdapat interaksi antara teknik pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar menulis paragraf argumentasi (F¬hitung = 90,250 > Ftabel = 3,991).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiburian, Tiur Asi194812291980032002
Thesis advisorHarahap, Rosmawaty196104201987032002
Call Number: 411.707 12 Sar p
Keywords: Duti-duta; Teratai; Motivasi; Paragraf argumentasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 31 Jan 2017 03:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22854

Actions (login required)

View Item View Item