PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA SMK NEGERI 2 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2014/2015

Hasibuan,, Muhammad Sofyan (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA SMK NEGERI 2 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5101131014. COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5101131014. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5101131014. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5101131014. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5101131014. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5101131014. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5101131014. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5101131014. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5101131014. BAB I.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5101131014. BAB I.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5101131014. BAB V.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5101131014. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Perekayasaan Rangkaian Elektronika dengan menggunakan model pembelajaran Berbasis Proyek pada siswa kelas XI Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Tebing Tinggi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-1 Jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Tebing Tinggi terdiri dari 1 kelas yang berjumlah 27 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel total sehingga penelitian ini berjumlah 27 siswa dalam 1 kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, dimana dalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment). Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan tes objektif berupa pretest, post test pilihan ganda/bidang kognitif, pada kegiatan praktikum diambil penilaian bidang Afektif, psikomotorik. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif, mencari rata-rata nilai (mean), standar deviasi dan varian total. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Lilliefors pada taraf kepercayaan (α) uji hipotesis sebesar 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar Perekayasaan Rangkaian Elektronika yang diajarkan dengan model pembelajaran Berbasis Proyek adalah 82,28 lebih tinggi dari nilai Pretest yaitu 75,11. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Perekayasaan Rangkaian Elektronika dengan model pembelajaran Berbasis Proyek lebih tinggi dari Kriteria Ketuntasan Minimal yang menggunakan uji hipotesis yaitu uji-t dimana thitung > ttabel , maka Ha yang berbunyi “ Rata-Rata Hasil Belajar Perekayasaan Rangkaian Elektronika dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Lebih Tinggi dari Pretest “ Diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSutopo, Adi19640220199103
Call Number: Sk-2015 ELK 005
Keywords: Model Pembelajaran, Berbasis Proyek, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3001 Distribution or transmission of electric power
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Jan 2017 04:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22638

Actions (login required)

View Item View Item