PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS X SMKN 1 PERCUT SEI TUAN TERHADAP HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK

Siregar, Muhammad Ayub (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS X SMKN 1 PERCUT SEI TUAN TERHADAP HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM.5113131029 COVER.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5113131029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5102131009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM.5113131029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5113131029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5113131029 TABLES.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5113131029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5113131029 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 5113131029 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5113131029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik (PDE). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok penelitian. Sedangkan rancangan penelitian yang digunakan yaitu analisis varians faktorial 2 x 2. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri I Percut Sei Tuan pada semester satu tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas 1 Program Keahlian TIPTL yang terbagi atas dua kelas. Secara acak kelas dibagi atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas 1 TIPTL 1 menjadi kelas eksperimen yang diajar dengan strategi pembelajaran NHT dan kelas 1 TIPTL 2 menjadi kelas kontrol yang diajar dengan strategi pembelajaran PBL. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik (PDE) yang diajar dengan strategi pembelajaran NHT dan memiliki motivasi berprestasi tinggi adalah berdistribusi normal dimana Ltabel = 0,234 > Lhitung = 0,094 dan data hasil belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik (PDE) yang diajar dengan strategi pembelajaran NHT dan memiliki motivasi berprestasi rendah adalah distribusi normal dimana Ltabel = 0,249 > Lhitung = 0,1302 dan data hasil belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik (PDE) yang diajar dengan strategi pembelajaran PBL dan memiliki motivasi berprestasi tinggi adalah distribusi normal dimana Ltabel = 0,24 > Lhitung = 0,1286 dan data hasil belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik (PDE) yang diajar dengan strategi pembelajaran PBL dan memiliki motivasi berprestasi rendah adalah distribusi normal dimana Ltabel = 0,242 > Lhitung = 0,1231 dan kedua varians data adalah Homogen ( 2 hitung = 5,83 < 2tabel = 7,82). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) Strategi pembelajaran NHT dan strategi pembelajaran PBL memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana (Fhitung = 5,02 > Ftabel = 4,030) (b) Tinggi rendahnya motivasi berprestasi memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana (Fhitung = 26,70 > Ftabel = 4,03), (c) Tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi berprestasi dalam mempengaruhi hasil belajar, dimana (Fhitung = 0,003 < Ftabel = 4,03).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAmin, Muhammad196801011994031003
Call Number: SK-2016 ELK 061
Keywords: Hasil belajar; Strategi pembelajaran numbered head together (NHT); Strategi pembelajaran problem based learning (PBL); Motivasi berprestasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 25 Nov 2016 02:53
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21646

Actions (login required)

View Item View Item