PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS ANTARA SISWA YANG DIBERI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING DI SMP AL- HIDAYAH MEDAN

Siregar, Rosmita Sari (2016) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS ANTARA SISWA YANG DIBERI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING DI SMP AL- HIDAYAH MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM. 8146171078 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM. 8146171078 COVER.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM. 8146171078 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM. 8146171078 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM. 8146171078 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM. 8146171078 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM. 8146171078 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. NIM. 8146171078 PREFACE.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM. 8146171078 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM. 8146171078 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM. 8146171078 TABLES.pdf]
Preview
Text
06. NIM. 8146171078 TABLES.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM. 8146171078 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
07. NIM. 8146171078 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM. 8146171078 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
08. NIM. 8146171078 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM. 8146171078 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09. NIM. 8146171078 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 013. NIM. 8146171078 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
013. NIM. 8146171078 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 014. NIM. 8146171078 BIBILIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
014. NIM. 8146171078 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan : (1) peningkatan kemampuan komunikasi antara siswa yang diberi model problem based learning dan discovery learning. (2) peningkatan disposisi matematis antara siswa yang diberi model problem based learning dan discovery learning, (3) Interaksi antara kemampuan awal matematika (tinggi, sedang, rendah) siswa dengan pembelajaran (model problem based learning dan discovery learning) terhadap kemampuan komunikasi matematis, (4) Interaksi antara kemampuan awal matematika (tinggi, sedang, rendah) siswa dengan pembelajaran (model problem based learning dan discovery learning) terhadap disposisi matematis siswa, (5) pola jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah pada masing-masing pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian inisiswa Sekolah Menengah Pertama Al -Hidayahyang terakreditasi B.Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan awal matematika siswa (2) tes kemampuan komunikasi, dengan pokok bahasan persegi dan persegi panjang (3) angket disposisi matematis. Adapun tes yang digunakan untuk memperoleh data adalah berbentuk uraian. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan pola jawaban siswa pada model problem based learning dan discovery learning. Analisis inferensial data dilakukan dengan analisis kovarians (ANAKOVA) dan analisis varians (ANAVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang diberi model problem based learning dan discovery learning. Hal ini terlihat dari hasil analisis kovarians (ANAKOVA) untuk F hitung adalah 7,14 lebih besar dari F tabel yaitu 4,00. Konstanta persamaan regresi untuk pembelajaran problem based learning yaitu 31,89 lebih besar dari discovery learning yaitu 19,28 (2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan disposisi matematis antara siswa yang diberi model problem based learning dan discovery learning. Hal ini terlihat dari hasil analisis kovarians (ANAKOVA) untuk F hitung adalah 10,95 lebih besar dari F tabel yaitu 4,00. Konstanta persamaan regresi untuk pembelajaran problem based learning yaitu 42,69 lebih besar dari discovery learning yaitu 30,28.(3) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi, (4) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan dsiposisi matematis siswa, (5) Pola jawaban siswa pada pembelajaran problem based learning lebih baik dibandingkan dengan discovery learning. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan agar model problem based learningpada pembelajaran matematika dapat dijadikan alternatif bagi guru matematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Sir p
Keywords: Pembelajaran matematika; Disposisi matematis; Teori belajar; Discovery learning; Problem based learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Nov 2016 02:26
Last Modified: 23 Nov 2016 02:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21638

Actions (login required)

View Item
View Item