PENGGUNAAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VI SD NEGERI 177051 LAEMAGARAMBUNG KEC. TARABINTANG KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016

Simanjuntak, Romauli (2016) PENGGUNAAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VI SD NEGERI 177051 LAEMAGARAMBUNG KEC. TARABINTANG KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. Cover.pdf]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan
menggunakan metode inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok
bahasan volume bangun ruang di kelas VI SD Negeri 177051 Laemaga Rambung
Tarabintang Kab. Humbang Hasundutan TA 2015/2016? Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode inquiry dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan volume bangun ruang di
Kelas VI SD Negeri 177051 Laemaga Rambung Tarabintang Kab. Humbang
Hasundutan T.P. 2015/2016.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek seluruh siswa kelas VI sebanyak 26 orang
siswa. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus yang terdiri
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan test hasil belajar. Sebagai tolak ukur
keberhasilannya adalah apabila hasil belajar siswa meningkat, bila tingkat
ketuntasan klasikal sebesar > 70.
Berdasarkan analisis data pada saat pretes dari 26 orang siswa diperoleh
tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 3 orang siswa 12% mendapat nilai tuntas,
dan sebanyak 23 orang siswa 88% mendapat nilai belum tuntas dengan nilai ratarata
48,46. Pada siklus I terdapat terdapat sebanyak 9 orang siswa 35% mendapat
nilai tuntas, dan sebanyak 17 orang siswa 65% mendapat nilai belum tuntas
dengan rata-rata nilai rata-rata 60,76. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan
klasikal sebanyak 23 orang siswa 88% yang mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 3
orang siswa 12% yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata 80,76.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode
inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika
materi pokok volume bangun ruang. Oleh karenanya guru perlu meningkatkan
keterampilannya dengan menerapkan metode inquiry sebagai upaya yang dapat
dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PGSD 268
Keywords: Matematika; hasil belajar; Metode Inquiry
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Nov 2016 03:21
Last Modified: 18 Nov 2016 03:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21564

Actions (login required)

View Item
View Item