PENGGUNAAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VI SD NEGERI 177051 LAEMAGARAMBUNG KEC. TARABINTANG KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016

Simanjuntak, Romauli (2016) PENGGUNAAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VI SD NEGERI 177051 LAEMAGARAMBUNG KEC. TARABINTANG KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan menggunakan metode inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan volume bangun ruang di kelas VI SD Negeri 177051 Laemaga Rambung Tarabintang Kab. Humbang Hasundutan TA 2015/2016? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan volume bangun ruang di Kelas VI SD Negeri 177051 Laemaga Rambung Tarabintang Kab. Humbang Hasundutan T.P. 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek seluruh siswa kelas VI sebanyak 26 orang siswa. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus yang terdiri perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan test hasil belajar. Sebagai tolak ukur keberhasilannya adalah apabila hasil belajar siswa meningkat, bila tingkat ketuntasan klasikal sebesar > 70. Berdasarkan analisis data pada saat pretes dari 26 orang siswa diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 3 orang siswa 12% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 23 orang siswa 88% mendapat nilai belum tuntas dengan nilai ratarata 48,46. Pada siklus I terdapat terdapat sebanyak 9 orang siswa 35% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 17 orang siswa 65% mendapat nilai belum tuntas dengan rata-rata nilai rata-rata 60,76. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 23 orang siswa 88% yang mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 3 orang siswa 12% yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata 80,76. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pokok volume bangun ruang. Oleh karenanya guru perlu meningkatkan keterampilannya dengan menerapkan metode inquiry sebagai upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRizal, Muhammad197604132001121002
Call Number: SK-2016 PGSD 268
Keywords: Matematika; hasil belajar; Metode Inquiry
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Nov 2016 03:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21564

Actions (login required)

View Item View Item