UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN NOMOR : 030424 LAE IKAN KABUPATEN PAKPAK BHARAT TP.2015/2016.

Bancin, Hamdan (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN NOMOR : 030424 LAE IKAN KABUPATEN PAKPAK BHARAT TP.2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2. NIM. 114522314018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 114522314018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 114522314018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 114522314018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 114522314018 TABLES.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 114522314018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (3kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 114522314018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 114522314018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 114522314018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diambil dalam Penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA Model Contextual Teaching Learning (CTL) merupakan salah satu upaya yang dilakuka untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SDN Nomor : 030424 Lae Ikan sebab model Contextual Teaching Learning (CTL) merupakan strategi belajar orang menuntut keaktipan berpikir siswa dalam memahami konsep-konsep pembelajaran yang memperbaiki suatu jawaban yang beryujuan untuk memotivasi siswa belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA (Sains) pokok bahasan energi panas dan energi bunyi menggunankan model Contextual Teaching Learning (CTL) pada siswa kelas IV SDN Nomor : 030424 Lae Ikan dengan jumlah 18 orang siswa, 8 Laki-laki dan 10 Perempuan. Alat yang digunakan dalam pelaksanaan pengumpulan data adalah melakukan percobaan dengan benad lilin, korek api, dan juga observasi dan essay tes pada setiap siklus berlangsung penelitian ini dilakukan dalam dua siklus masing-masing siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Sebelum melakukan pembelajaran terlebih dahulu melakukan tes awal berdasarkan hasil tes menunjukan dari 18 siswa 2 siswa yang tuntas dalam belajar. Dan dalam siklus satu terdapat 9 orang dari 18 siswa (50%) yang tuntas dalam belajar dan pada siklus dua diproleh tingkat ketuntasan hasil belajar sebanyak 15 siswa (83,33 %) dari 18 siswa. Jika dibandingkan dengan siklus satu, ketuntasan belajar pada siklus dua semakin meningkat dengan persentase pada siklus dua siswa telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal sehingga tidak perlu melakukan siklus berutnya. Dengan demikian dapat disimpulakn bahwa dengan menggunakan model Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA (Sains) kelas IV SDN Nomor : 030424 Lae Ikan Pakpak Bharat tahun Pelajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorGultom, Syamsul197605132000121001
Call Number: SK-2016 PGSD 209
Keywords: Pembelajaran Berbica; SD;Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Nov 2016 03:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21495

Actions (login required)

View Item View Item