EFEKTIVITAS METODE BIOWRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA SANTO YOSEPH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Situmorang, Karlina Patricia (2016) EFEKTIVITAS METODE BIOWRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA SANTO YOSEPH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01 209111038 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 209111038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (926kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 209111038 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 209111038 PREFACE.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 209111038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 209111038 TABLES.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 209111038 PICTURE.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 209111038 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09 209111038 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 209111038 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 209111038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode biowriting terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA St. Yoseph Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dengan pelaksanaan pembelajaran yaitu dengan metode biowriting. Populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA St. Yoseph Medan Tahun 2016. Jumlah sampel 160 orang yang terdiri dari 4 kelas. Sampel sebanyak 80 orang yang terdiri dari 2 kelas diperoleh dengan teknik random sampling, dimana satu kelas menjadi kelas kontrol dan kelas lain menjadi kelas eksperimen. Untuk mengetahui efektifitas metode biowriting terhadap kemampuan menulis digunakan uji statistik rerata dua kelompok tidak berpasangan atau uji t-tidak berpasangan. Dari hasil perhitungan hipotesis menggunakan uji – t dari data post- test menulis cerpen kelas experimen dan menulis cerpen kelas kontrol diperoleh thitung = 3,39. Dari daftar distribusi t dengan menggunakan uji - t dua pihak yaitu 1- 1/2α yaitu 0,975 dengan dk n-2= 38 diperoleh harga t (0,975)(38) = 2,021. Dalam kriteria pengujian hipotesis dinyatakan bahwa pada thitung > ttabek (3,39 > 2,021) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran biowriting efektif digunakan dalam mengembangkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA. Dalam pelaksanaannya, selain menunjukkan peningkatan nilai pada siswa, penerapannya pun menambah variasi belajar di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAmbarita, Biner195705151984031004
Call Number: SK-2016 IND 200
Keywords: Metode Belajar; Efektifitas Metode Biowriting;Menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Nov 2016 02:22
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21079

Actions (login required)

View Item View Item