UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK PADA MATERI PECAHAN DI KELAS VII SMP AKP GALANG

Rumapea, Thevran Eldo Radot (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK PADA MATERI PECAHAN DI KELAS VII SMP AKP GALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4123111083 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4123111083 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4123111083 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4123111083 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4123111083 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4123111083 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4123111083 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4123111083 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4123111083 BAB I.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4123111083 BAB V.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4123111083 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui pendekatan matematika realistik di kelas VII-C SMP AKP Galang. Jenis penelitian ini adalah ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMP AKP Galang tahun ajaran 2016/2017 berjumlah 39 orang. Objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui pendekatan matematika realistik pada materi pecahan di kelas VII-C SMP AKP Galang tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan data dilakukan dengan tes awal, tes kemampuan pemecahan masalah pada akhir siklus dan lembar observasi untuk tiap kali pertemuan. Kemampuan pemecahan masalah mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata pemecahan masalah matematika siswa dari tes awal, siklus I, dan siklus II, yakni dari 51,35 (51,35%) dengan tingkat kemampuan pemecahan masalah sangat rendah di tes awal menjadi 69,89 (69,89%) dengan tingkat kemampuan pemecahan masalah rendah di siklus I dan menjadi 85,02 (85,02%) dengan tingkat kemampuan tinggi di siklus II. Ketuntasan belajar matematika siswa mengalami peningkatan secara klasikal dari tes awal, siklus I, dan siklus II. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan jumlah siswa yang tuntas dari tes awal, siklus I, dan siklus II, yakni dari 9 (23,07%) siswa yang tuntas di tes awal menjadi 23 (58,97%) siswa yang tuntas di siklus I dan menjadi 35 (89,74%) siswa yang tuntas di siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: dengan menggunakan pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi pecahan di kelas VII-C SMP AKP Galang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorBanjarnahor, H195805131988031002
Call Number: SK-2016 MAT 124
Keywords: Belajar Matematika; Pendidikan Matematika Realistik;Pecahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 26 Oct 2016 07:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20910

Actions (login required)

View Item View Item