IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP SWASTA P U T R I C A H A Y A M E D A N

Turnip, Olyvia Desi Christy (2016) IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP SWASTA P U T R I C A H A Y A M E D A N. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.4123111057 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.4123111057 COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.4123111057 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM.4123111057 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.4123111057 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM.4123111057 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.4123111057 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM.4123111057 PREFACE.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.4123111057 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM.4123111057 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.4123111057 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM.4123111057 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.4123111057 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM.4123111057 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.4123111057 APPENDICE.pdf]
Preview
Text
8. NIM.4123111057 APPENDICE.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.4123111057 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM.4123111057 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (980kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.4123111057 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM.4123111057 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.4123111057 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM.4123111057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan representasi matematik di kelas
VIII SMP Putri Cahaya Medan yang belum tertangani dengan baik akibatnya
kemampuan representasi matematik siswa rendah. Oleh karena itu, guru harus
menentukan pendekatan pembelajaran yang tepat sehingga dapat mempermudah
siswa meningkatkan kemampuan representasi matematiknya. Salah satu pendekatan
yang dapat dilakukan adalah dengan mengimplementasikan pendekatan
pembelajaran Kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematik siswa
melalui implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual pada materi Relasi dan
Fungsi di kelas VIII SMP Swasta Putri Cahaya Medan. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas VIII-1 SMP Swasta Putri Cahaya Medan T.A 2016/2017 yang
berjumlah 43 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan representasi
matematik siswa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Kontekstual pada
materi relasi dan fungsi. Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada
siklus I melalui pemberian tes kemampuan representasi matematik I diperoleh 22
siswa (51,16%) yang telah mencapai ketuntasan belajar (kategori kemampuan
minimal sedang). Pada tindakan II mengalami peningkatan dimana untuk
kemampuan representasi matematik II diperoleh 40 siswa (93,02%) telah mencapai
ketuntasan belajar (nilainya  70). Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan
bahwa penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan
kemampuan representasi matematik siswa pada materi relasi dan fungsi di kelas
VIII-1 SMP Swasta Putri Cahaya Medan T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MAT 155
Keywords: Pendekatan Pembelajaran Kontekstual; Representasi Matematik; Relasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 26 Oct 2016 06:17
Last Modified: 26 Oct 2016 06:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20897

Actions (login required)

View Item
View Item