PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS DAN STAD DI SMP NEGERI 1 BINJAI TAHUN AJARAN 2016/2017

Putra, M. Rahmatsyah (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS DAN STAD DI SMP NEGERI 1 BINJAI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4123111043 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4123111043 LEMBAR PENGESAHAN & RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4123111043 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4123111043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4123111043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4123111043 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4123111043 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4123111043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4123111043 BAB I.pdf - Published Version

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4123111043 BAB V.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4123111043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS di SMP Negeri 1 Binjai Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini populasi yang diambil adalah seluruh siswa SMP N 1 Binjai Kelas VIII sebanyak 10 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang bersifat homogen yaitu siswa kelas VIII-8 sebagai kelas eksperimen I (belajar dengan model STAD) sebanyak 35 siswa dan siswa kelas VIII-7 sebagai kelas eksperimen II (belajar dengan model TSTS) sebanyak 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan komunikasi matematis, yang terdiri dari 4 butir soal uraian. Tes diberikan sebanyak 2 kali yaitu pretest sebelum diberikan pembelajaran dan posttest diberikan setelah pembelajaran di kedua kelas berakhir. Dari hasil pengolahan data diperoleh rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa pada hasil pretest diperoleh 58,5714 untuk kelas eksperimen I dan 55,9028 untuk kelas eksperimen II. Sedangkan pada posttest rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 73,9286 untuk kelas eksperimen I dan 64,2361 untuk kelas eksperimen II. Berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan yaitu dengan mengggunakan uji t dengan  0,05diperoleh hitung t (2,1615) > tabel t (1,6685). Hal ini menunjukkan bahwa hitung t berada di luar penerimaan H0 maka berdasarkan pengujian tersebut diperoleh bahwa H0 ditolak berarti a H diterima sehingga dapat dinyatakan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS di SMP Negeri 1 Binjai Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDewi, Izwita196207061989032001
Call Number: SK-2016 MAT 127
Keywords: Komunikasi Matematis; TSTS; STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Oct 2016 07:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20821

Actions (login required)

View Item View Item