AKTIVITAS BELAJAR SISWA YANG MENGINDIKASIKAN SISWABERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI IPA-7 MAN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016.

Andriani, Nurlaizar (2016) AKTIVITAS BELAJAR SISWA YANG MENGINDIKASIKAN SISWABERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI IPA-7 MAN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Nim. 4122141012_COVER.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Nim. 4122141012_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Nim. 4122141012_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Nim. 4122141012_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Nim 4122141012_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Nim 4122141012_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Nim 4122141012_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Nim. 4122141012_BAB I.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. Nim. 4122141012_BAB V.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. Nim 4122141012_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat aktivitas belajar siswa yang mengindikasikan siswa berpikir kritis pada pembelajaran biologi kelas XI IPA-7 MAN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasinya yaitu siswa kelas XI IPA-7 MAN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016 berjumlah 40 orang. Sampel ditentukan dengan Random Sampling, dimana sampel berjumlah 20 orang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan menggunakan lembar aktivitas belajar siswa sebagai alat pengumpul data penelitian. Pengamatan dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan. Dari hasil data yang diperoleh diketahui bahwa kemunculan aktivitas berpikir kritis sangat rendah dimana aktivitas belajar yang muncul hanyalah aktivitas menjawab pertanyaan. Pada pengamatan pertama aktivitas berpikir kritis diperoleh dengan persentase sebesar 11,11% dan untuk pengamatan kedua aktivitas berpikir kritis diperoleh dengan persentase sebesar 16,6%. Ada beberapa faktor yang melatar belakangi rendahnya kemunculan aktivitas berpikir kritis ini yaitu disebabkan oleh pertanyaan yang muncul belum mampu mendorong munculnya aktivitas-aktivitas berpikir kritis dan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru yaitu strategi pembelajaran ekspositori yangmana strategi pembelajaran ini memang tidak didesain untuk memunculkan aktivitas belajar yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimatupang, Zulkifli196605161992031001
Call Number: SK-2016 BIO 153
Keywords: Aktivitas Belajar; Berpikir Kritis; Biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Oct 2016 08:00
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20642

Actions (login required)

View Item View Item