PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTU MEDIA PhET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 10 MEDAN T.P 2015/2016

Sinaga, Minar Veronika (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTU MEDIA PhET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 10 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4123321032 COVER.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4123321032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4123321032 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4123321032 PREFACE.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4123321032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4123321032 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4123321032 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4123321032 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4123321032 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4123321032 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4123321032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan akibat pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu media PhET terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group pretest-postest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 10 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari (1) tes hasil belajar bentuk essai sebanyak 10 soal yang telah dinyatakan valid oleh para ahli, (2) lembar observasi afektif siswa, dan (3) lembar observasi psikomotorik siswa, (4) uji hipotesis menggunakan uji t pada α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 30 dan kelas kontrol 34. Normalitas pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0.1445 dan kelas kontrol Lhitung = 0.0961 dengan masing-masing Ltabel = 0.1556 sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,1250 dan Ftabel = 1,8245 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 74 dan kelas kovensional adalah 57. Normalitas pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0.1162 dan kelas kontrol Lhitung = 0.0737 dengan masing-masing Ltabel = 0.1556 sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,6313 dan Ftabel = 1,8246 sehingga Fhitung < Ftabel, maka kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Hasil pengujian hipotesis thitung= 7,5977 dan ttabel= 1,6667 sehingga diperoleh thitung > ttabel maka terdapat pengaruh yang lebih baik pada penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu media PhET terhadap hasil belajar siswa dari pada pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar, Alkhafi Maas19690127199412001
Call Number: SK-2016 FIS 125
Keywords: Inkuiri Terbimbing; Kognitif; Afektif; Psikomotorik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Oct 2016 06:51
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20591

Actions (login required)

View Item View Item