PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 BATANG KUIS T.P 2015/2016

Andriko, Rahmad (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 BATANG KUIS T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Other
1. NIM 4122121026 COVER.PDF - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Other
2. NIM 4122121026 APPROVAL SHEET.PDF - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Other
3. NIM 4122121026 CURRICULUM VITAE.PDF - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Other
4. NIM 4122121026 ABSTRACT.PDF - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Other
5. NIM 4122121026 PREFACE.PDF - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Other
6. NIM 4122121026 TABLE OF CONTENT.PDF - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Other
7. NIM 4122121026 ILLUSTRATION.PDF - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Other
8. NIM 4122121026 TABLES.PDF - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Other
9. NIM 4122121026 APPENDIC.PDF - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Other
10. NIM 4122121026 CHAPTER I.PDF - Published Version

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Other
14. NIM 4122121026 CHAPTER V.PDF - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Other
15. NIM 4122121026 BIBLIOGRAPHY.PDF - Published Version

Download (275kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Batang Kuis T.P. 2015 / 2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester II di SMA Negeri 1 Batang Kuis T.P.2015/2016 yang berjumlah 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 31 orang untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari analisa data diperoleh rata-rata pretes berpikir kritis kelas eksperimen 24,58 pada kelas kontrol sebesar 22,61. Kedua kelas berdistribusi normal karena Lhitung< LTabel (0,1466 <0,1591) dan homogen karena Fhitung< FTabel(1,12< 1,84). Dari hasil uji kemampuan awal siswa diperoleh hit t = 1,52. Pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh tabel t =2,00 ( hitung t < tabel t ) yang berarti Ho diterima, sehingga dapat disimpulkan kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal siswa pada kelas kontrol. Untuk postest diperoleh rata-rata postest berpikir kritis kelas eksperimen 73,13 pada kelas kontrol sebesar 67,94. Kedua kelas menunjukkan berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji hipotesis diperoleh hitung t = 3,66. Pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh tabel t = 2,66 ( hitung t > tabel t ) yang berarti Ha diterima, Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh kemampuan berpikir kritis dalam kategori baik sedangkan di kelas kontrol kemampuan berpikir kritis dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada perbedaan yang signifikan dari penerapan model problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Batang Kuis T.P. 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar, Alkhafi Maas19690127199412001
Call Number: SK-2016 FIS 127
Keywords: Model Problem Based Learning; Keterampilan Berpikir Kritis;Suhu dan Kalor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Oct 2016 04:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20581

Actions (login required)

View Item View Item